Jumat, 26 April, 2024

Kades Campakasari Siap Bangun Bumdes Kios Usaha Ekonomi

MONITOR, Purwakarta – Pihak Desa Campakasari, Kecamatan Campaka, Purwakarta, Jawa Barat memastikan Pembanguanan Infrastruktur jalan lingkungan (Jaling) 100 persen ditargetkan rampung.

H. Kodir selaku Kades Campakasari menjelaskan selama ada bantuan baik dari APBN berbentuk dana desa, maupun Propinsi (Banprop) ditambah swadaya masyarakat sudah dikerjakan dengan baik untuk pembangunan Jaling. 

"Pada tahun ini dipastikan sudah rampung 100 persen tinggal perawatanya saja," ujar H. Abdul Kodir selaku Kades Campakasari, Kamis (30/11)

Lebih lanjut Kodir menjelaskan, khusus untuk Bantuan Desa Tahap Kedua akan difokuskan untuk program ke kawasan pertanian dengan cara pengerjaan pembanguanan sarana tembok penahan Tanah (TPT) sepanjang 150 meter. 

- Advertisement -

"Infrastruktur pertanian perlu dibenahi supaya tidak ada lagi longsor di kala musim hujan, sehingga sarana pertanian bisa terwujud dengan baik sehingga bisa mensejahtrakan petani desa," tegas kades yang sudah menjabat dua periode ini. 

Selain itu program yang sudah dikerjakan selama menjabat kades pihaknya sudah membenahi sarana kantor Desa dan gedung serba guna yang dulu terlihat kumuh namun sekarang berubah menjadi bangunan yang megah dan rapi. 

"Sarana kantor Desa dan gedung aula serba guna untuk pelatihan yang sekarang sudah terlihat rapi sebagai sarana tempat pelayanan bagi masyarakat yang sedang membuat berbagai kebutuhan supaya membuat nyaman," paparnya.

Selain itu, pihaknya sedang merencanakan Program penyusuanan Badan Usaha Miljk Desa (Bumdes) dengan membangun sarana kios usaha perekononian Desa. 

"Program kedepan kita sedang mewacanakan bumdes membuka kios usaha perekonomian sebanyak 6 kios yang akan di dirikan berdekatan dengan kantor semoga ekonomj desa meningkat," pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER