Kamis, 28 Maret, 2024

Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri KTT ASEAN di Manila

MONITOR, Manila – Presiden Joko Widodo beserta rombongan bertolak dari Bandara Internasional Da Nang, Vietnam menuju Bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila, Filipina untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (Asosiasi Association of Southeast Asian Nations/ASEAN).

Rombongan ini berangkat menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Dalam rombongan itu, ada Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Pribowo dan sejumlah pejabat lainnya.

Terkait KTT ASEAN yang bertema "Partnering for Change, Engaging the World", Indonesia akan mengusung upaya peningkatan kerja sama baik di antara anggota ASEAN maupun antara ASEAN. Hal ini dikemukakan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

AM Fachir mengatakan, semangat inklusivitas yang dibahas Indonesia pada KTT Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2017 di Da Nang akan juga disampaikan pada forum ASEAN.

- Advertisement -

"Masalah inklusivitas tidak hanya dibicarakan di tingkat global tapi juga regional bahkan nasional. Prinsipnya, (inklusivitas) ini perlu dan didukung oleh semua pimpinan," kata AM Fachir kepada wartawan.

Sebelumnya, dalam pertemuan forum ASEAN-APEC, ada pembahasan mengenai perlunya sinergitas antara ASEAN dan APEC misalnya dalam e-commerce, pengembangan kapasitas sumber daya manusia dan sinergi antara Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dengan kawasan perdangangan bebas di Asia Pasifik.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER