Jumat, 19 April, 2024

Jasa Marga Pantau Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

MONITOR, Jakarta – Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Refly Harun beserta jajaran komite melakukan monitoring progres konstruksi Jalan Tol Trans Jawa. Kunjungan diawali dengan memantau kemajuan pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) Ruas Cikunir.

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini menyebutkan bahwa capaian realisasi progres konstruksi hingga minggu akhir di bulan Oktober 2017 mencapai 13,192%. Capaian realisasi tersebut melebihi target kontrak yang ditetapkan untuk bulan Oktober, yaitu sebesar 11,92%.

Komisaris Utama menyampaikan apresiasi atas kerja keras PT JJC yang terus berupaya mengebut pembangunan Jalan Tol Layang ini, sekaligus menegaskan bahwa proyek ini harus rampung pada bulan Maret 2019, sehingga bisa mulai beroperasi di bulan April 2019.

Kendati progres pembangunan melampaui target, Djoko mengakui terdapat sejumlah tantangan utama dalam proses pembangunan jalan tol layang yang dibagi menjadi 10 zona tersebut. Tantangan utamanya adalah kepadatan volume kendaraan di Ruas Jakarta-Cikampek. Hal tersebut ditambah lagi dengan adanya 4 proyek infrastruktur lainnya di koridor yang sama, yaitu Light Rail Transit (LRT), High Speed Railway (HSR), Jalan Tol Cibitung-Cilincing, serta proyek internal Cabang Jakarta-Cikampek.  

- Advertisement -

"Tantangan utamanya adalah kepadatan volume kendaraan, dan di sini sedang berlangsung juga kegiatan 4 proyek lain. Padahal rekayasa lalu lintas selalu dilakukan, seperti misalnya seminim mungkin menutup lajur dalam waktu singkat, atau melakukan contra flow serta imbauan menggunakan rute perjalanan alternatif lainnya apabila kondisi jalan sangat padat. Namun memang volume kendaraannya sangat padat," paparnya menjelaskan.

Proyek inisiasi Jasa Marga, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini merupakan solusi dari kepadatan yang sering terjadi di ruas eksisting, sekaligus sebagai jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek maupun Bandung. Jalan tol sepanjang kurang lebih 38 Km ini membentang di Ruas Cikunir-Karawang Barat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER