Sabtu, 20 April, 2024

3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Ini Penilaian PDIP

MONITOR, Jakarta – Pemerintahan  Jokowi-JK genap berusia 3 tahun sejak dilantik pada Oktober 2014 silam. Lalu bagaimana PDIP sebagai partai pengusung menilai jalannya pemerintahan?

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristianto mengatakan pihaknya memberikan apresiasi atas keberhasilan faktual yang dicapai oleh Pemerintahan Jokowi-JK.

"Rakyat semakin merasakan terobosan kebijakan infrastruktur yang mampu merombak struktur perekonomian Indonesia menjadi lebih kompetitif. Dampaknya tidak hanya koneksitas antar pulau yang makin kuat dan efisien; biaya logistik juga semakin murah dan distribusi kebutuhan primer semakin lancar, membuahkan inflasi yang terkendali. Keberhasilan pengendalian harga kebutuhan pokok pada saat lebaran tahun ini menjadi salah satu bukti," ujar Hasto dalam siaran pers, Jumat (20/10).

Hasto menambahkan PDI Perjuangan pun mengapresiasi model kepemimpinan Jokowi yang merakyat yang bergerak ke bawah dan menjadikan dialog langsung dengan rakyat sebagai metode genuine yang menampilkan watak kepemimpinan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

- Advertisement -

"Model kepemimpinan Pak Jokowi ini menjadi strong  point  Beliau, dan menggambarkan aliansi sempurna dengan rakyat. Model  ini sekaligus menjadi benteng yang paling tangguh  menghadapi gempuran tokoh2 lain hanya karena ambisi politiknya untuk pemilu 2019. Hasilnya, tampilan yg  kontradiktif: rakyat  antusias menerima Pak Jokowi, dan kelompok sana, sekedar beretorika dengan issue yang dicari. Bagi PDI Perjuangan, kontestasi itu wajar bahkan positif dalam demokrasi, namun sebagai bangsa berkepribadian gotong royong, etika politik yang berkeadaban harus tetap dijunjung tinggi," tambahnya. 

PDI Perjuangan lanjut Hasto mencatat keberhasilan pemerintahan diantaranya tingkat pengangguran paling rendah selama 18 tahun terakhir, yakni 5.3%;  ketimpangan untuk menopang kehidupan yg lebih berkeadilan dapat ditekan hingga mencapai 0.393; angka harapan hidup terus meningkat, ditandai dengan jumlah penerima Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Indonesia Sejahtera yang secara masif dibagikan untuk rakyat miskin.

"Kepemimpinan Pak Jokowi juga membuktikan implementasi efektif pembangunan dari pinggiran. Seluruh wilayah perbatasan kini merasakan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia dan benar-benar hadir sebagai halaman depan NKRI," ungkapnya.

Atas klaim keberhasilan pemerintah tersebut, Hasto menegaskan PDI Perjuangan terus memperkuat efektivitas dukungan kepada Jokowi.

"Seluruh kepala daerah,  struktural anggota dan kader Partai,  dan seluruh anggota legislatif di semua tingkatan, bergerak seirama guna memerkuat pemerintahan Pak Jokowi-JK. Dukungan tersebut efektif mengingat Pak Jokowi dipercaya mampu membumikan Pancasila dan terus berjuang mewujudkan Indonesia yg berdaulat, berdikari dan berkebudayaan," pungkasnya. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER