Jumat, 19 April, 2024

KPAI Yakin Petarung Ala Gladiator Sukabumi Dipaksa Senior

MONITOR, Jakarta – Komisioner KPAI Bidang pendidikan Retno Listyarti menduga bahwa siswa SMP yang bertarung ala gladiator tidaklah berdasarkan kemauan sendiri. Berdasarkan informasi yang didapat, Retno menyatakan adu duel itu dilakukan karena terpaksa.

"Kalau menolak, biasanya akan terus dijadwalkan ulang sampai yang bersangkutan tak lagi bisa menolak," terang Retno, Jumat (13/10).

Menurut Retno, kasus tarung ala Gladiator di Sukabumi kemungkinan melibatkan peran siswa senior di kedua SMP tersebut, yang memang bertugas mengkader dan mencari calon petarung.

"KPAI tentu berharap agar polisi juga mengungkapkan para siswa senior dan alumni yang diduga terlibat dalam duel Gladiator ini, kepentingannya untuk memberikan efek jera sekaligus memutus mata rantai kekerasan yang terjadi," ujar Retno.

- Advertisement -

Hasil pengungkapan kepolisian akan menjadi dasar bagi pihak sekolah untuk melakukan upaya-upaya pembenahan dan mendorong terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA). Retno berharap, sekolah harus mampu bersinergi dengan para orangtua siswa di sekolahnya untuk mewujudkan SRA dan memutus mata rantai kekerasan.  

"Keterlibatan siswa senior dan alumni sebagai pelaku kekerasan dan pemaksaan untuk tarung gladiator haruslah diselesaikan dengan sungguh-sungguh dan tuntas oleh pihak sekolah dengan melibatkan orangtua siswa dan dinas pendidikan setempat," urai Retno.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER