Selasa, 23 April, 2024

Pengungsi Gunung Agung Terima 10 Bangunan MCK dari Pertamina

MONITOR, Jakarta – Pertamina Marketing Operation Region V JatimBaliNus melalui Pertamina Peduli, Jumat Pagi  (06/17) menyerahkan bantuan  fasilitas MCK sebanyak 10 unit untuk pengungsi yang berlokasi di posko pengungsian desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Bantuan ini diserahkan langsung oleh General Manager Pertamina MOR V Herman M. Zaini kepada Camat Manggis Ida Nyoman Astawa SSTP.

"Alhamdulillah MCK selesai dibangun dan sudah bisa dipergunakan oleh pengungsi. MCK merupakan kebutuhan yang tak kalah pentingnya setelah bahan makanan pokok. Semoga bisa bermanfaat bagi para pengungsi," ujar GM Pertamina MOR V,  Herman M. Zaini seperti dikutip laman resmi Pertamina, Jakarta, Jumat (6/10).

Bantuan ini, lanjut Herman, sedikit banyaknya diharapkan mampu meringankan penderitaan pengungsi. “Apa yang dialami pengungsi akibat peningkatan status awas Gunung Agung ini adalah penderitaan kita juga, kita semua sama-sama merasakan bagaimana sulitnya tinggal didalam pengungsian. Kita berharap dalam waktu dekat ini mereka sudah dapat kembali pulang dan melakukan aktivitasnya lagi," ujar Herman.

Selain itu, Pertamina Peduli juga  memberikan dukungan ke 7 (tujuh) posko utama dengan menyalurkan LPG 12  kg dan 50 kg ke posko utama untuk kemudian didistribusikan kepada posko pengungsian yang lain. Ketujuh posko utama tersebut yakni posko Swecapura – Klungkung, posko Ulakan – Karang Asem, posko Tanah Ampo/Manggis – Karang Asem, posko Rendang – Karang Asem, posko Tembok – Buleleng, posko Les – Buleleng dan posko Sambirenteng – Buleleng.

- Advertisement -

Pertamina juga  telah mengkonversi kompor Minyak Tanah ke LPG milik TNI di posko Swecapura yang akan dilanjutkan dengan konversi kompor minyak tanah yang berada di Posko Les. Adapun dari tanggal 22 September hingga 04 Oktober 2017, Pertamina telah menyalurkan sejumlah 237 tabung LPG 12 kg , 40 tabung Bright Gas 5,5 kg  dan 12 tabung  LPG 50 kg .Di luar bantuan di atas, Pertamina  juga telah menyalurkan bantuan berupa sembako, selimut, kasur, obat-obatan dan perlengkapan kebutuhan sehari-hari.

Program Pertamina Peduli sebagai bagian dari BUMN Peduli merupakan komitmen Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara untuk senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat dalam kegiatan Corporate Social Responsibility dan merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap para pengungsi di masa tanggap darurat bencana.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER