Rabu, 24 April, 2024

Maman Imanulhaq Serukan Gerakan Desa Ramah Anak

MONITOR, Jakarta – Kekerasan terhadap anak kian mengkhawatirkan. Karena itu perlu gerakan massif dari seluruh pihak untuk menciptakan lingkungan sosial, budaya, keluarga dan pendidikan yang ramah bagi anak. 

Demikian diungkapkan Anggota DPR RI Fraksi PKB Komisi VIII KH. Maman Imanulhaq dalam Acara Sosialisasi Perundangan Perlindungan Anak bersma Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (KPPA) pada Minggu (17/09) di Aula Desa Cisambeng, Kec. Palasah Kab. Majalengka Jawa Barat. 

Lebih jauh Maman meminta agar pemerintah serius menyikapi kasus kekerasan anak ini antara lain dengan menciptakan desa-desa yang ramah anak.

"Kasus kekerasan anak ini jangan hanya ditanggapi reaksional dan emosional. Itu tdk menyelesaikan masalah", ungkap Maman.

- Advertisement -

Karena itu, pengasuh Pontren Al-Mizan Jatiwangi ini menyebut pentingnya gerakan kultural, sosial dan budaya untuk mendorong upaya pencegahan kekerasan anak ini. Gerakan pencegahan kultural dan sosial ini menurutnya bisa dimulai dari desa-desa yang kita tahu masyarakatnya penuh dengan tradisi kesantunan dan kearifan lokal.

" desa sangat strategis untuk mencegah dan menyelamatkan anak-anak kita. Sebab banyak kasus justru yg terjadi di di bawah tapi tidak tersentuh", kata Politisi Majalengka ini. 

Pada kesempatan itu, seluruh elemen masyarakat yang hadir sepakat berkomitmen untuk melindungi dan menjaga anak-anak dari segala tindak kekerasan, pelecehan seksual dan diskriminasi. Disamping, mendorong pemenuhan hak-hak anak agar  tumbuh kembangnya berjalan baik dan optimal.

"mari bersama-sama mendorong gerakan Desa Ramah Anak 
Untuk melindungi anak-anak kita. Dari Desa Untuk  Masa depan generasi bangsa", pesan Kiai Maman. 

Acara Sosialisasi tampak meriah dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai elemen masyarakat seperti: tokoh agama, tokoh masyarakat, kalangan pesantren, Fatayat dan Muslimat NU, MWCNU, penggiat Anak, tokoh Pemuda dan Remaja Mesjid dan lain-lain.

Acara juga dimeriahkan dengan lomba kreativitas anak yakni lomba melukis, menggambar serta lomba ungkapan kasih sayang kepada ayah bunda.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER