Jumat, 29 Maret, 2024

Pertamina TBBM Sei Siak Kembangkan Pemberdayaan Ekonomi

MONITOR, Pekanbaru – PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Sei Siak menyelenggarakan peresmian program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pemberdayaan ekonomi terpadu masyarakat di Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Riau pada Kamis (14/9).

Operation Head Terminal BBM Sei Siak, Ayub Pribadi S menyatakan, bahwa pengembangan ekonomi masyarakat di kawasan itu merupakan wujud kepedulian Pertamina kepada masyarakat khususnya masyarakat di Kelurahan Tanjung Rhu yang secara langsung menjadi penerima manfaat program ini.

"Ini sebagai bentuk kesadaran Pertamina bahwa program CSR kini menjadi isu sentral demi pertumbuhan dan keberlanjutan sinergitas positif antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat sekitar," ujar Ayub dalam sambutannya.

Dijelaskan Ayub, pada program pemberdayaan ekonomi ini meliputi program budidaya lele, ternak bebek telur, pelatihan bengkel las, serta pengolahan pupuk eceng gondok. Bantuan senilai total Rp 243 juta juga diberikan secara simbolis kepada kelompok masyarakat pemberdayaan ekonomi di kelurahan Tanjung Rhu.

- Advertisement -

Program ini dikembangkan dalam satu kawasan terpadu dengan harapan dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, meningkatkan jumlah pengusaha, dan menjadi bagian dari pihak yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi negeri melalui pembentukan  Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Adapun program ini akan dijalankan secara berkelanjutan hingga masyarakat Kelurahan Tanjung Rhu mampu mengembangkan unit usaha untuk menciptakan kader-kader wirausaha di lingkungan tersebut.

"Dengan terlaksananya program pemberdayaan ekonomi ini, akan menjadi momentum baru untuk menciptakan keseimbangan yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan sosial dan lingkungan yang selama ini muncul dipermukaan dimulai dari kawasan terdekat area operasi Terminal BBM Sei Siak," jelas Ayub.

Dalam kegiatan ini, turut hadir perwakilan Walikota Pekanbaru, Camat Lima Puluh, Lurah Tanjung Rhu, Muspika serta tokoh masyarakat setempat. Mereka berharap upaya Pertamina dalam menjalankan komitmen bisnis untuk berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan mampu meningkatkan kualitas hidup komunitas lokal di wilayah sekitar Pertamina Terminal BBM Sei Siak dan masyarakat luas.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER