Kamis, 18 April, 2024

Reaksi Jepang atas Peluncuran Rudal Korea Utara

MONITOR – Korea Utara sepertinya benar-benar menabuh genderang perang usai mereka menembakkan sebuah peluru kendali balistik di atas wilayah Jepang.  Dilansir Antara dari AFP, Rudal itu jatuh di Samudera Pasifik di lepas pantai Hokkaido.

Sebelumnya tidak pernah ada rudal Korea Utara yang melintasi Jepang.  Peluncuran rudal ini sendiri terjadi setelah kawasan ini tegang menyusul uji coba dua peluru kendali antarbenua Korea Utara bulan lalu yang membuat hampir seluruh penjuru Amerika Serikat ada dalam jangkauan rudal Korea Utara.

Merespon peluncuran rudal tersebut, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan pemerintahannya akan mengambil langkah-langkah seperlunya untuk memastikan keselamatan rakyat Jepang.

Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga, menyebut peluncuran rudal itu memesankan ancaman keamanan yang besar dan serius terhadap Jepang.

- Advertisement -

Peluncuran rudal ini hanya beberapa hari setelah Pyongyang melepaskan tiga peluru kendali jarak pendek yang disebut para analis sebagai provokasi tingkat rendah menyusul mulainya latihan bersama Korea Selatan-AS yang dianggap Korea Utara persiapan invasi. (ANT)

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER