Senin, 29 April, 2024

Pengeboran Sumur Pertama PT Pertamina Hulu Mahakam pada Wilayah Kerja Mahakam

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) telah melakukan tajak (spud) pengeboran sumur PHM pertama di lapangan Tunu dalam Wilayah Kerja Mahakam, yang dikerjakan oleh Total E&P Indonésie (TEPI) atas biaya PHM, pada tanggal 16 Juli 2017.  

Sumur pertama PHM dengan nama TN-N74 dan TN-N75 memiliki kedalaman sekitar 1.078 m, dengan tipe arsitektur komplesi sumur SAT (Shallow Architecture Tubingless). Diperkirakan pengerjaan sumur tersebut akan memakan waktu sekitar 13 hari. 

PT Pertamina Hulu Mahakam telah ditunjuk oleh Pemerintah menjadi pengelola Wilayah Kerja Mahakam, efektif tanggal 1 Januari 2018, setelah berakhirnya masa kontrak Production Sharing Contract (PSC) Mahakam dalam pengelolaan TEPI tanggal 31 Desember 2017.

Sebagai upaya PHM untuk menjaga tingkat produksi minyak dan gas bumi di Wilayah Kerja Mahakam, PHM merencanakan pengeboran 14 sampai dengan 15 sumur selama tahun 2017, yaitu pada lapangan Tunu, Tambora, dan Handil.  

- Advertisement -

Berdasarkan Kontrak Bagi Hasil (Production Sharing Contract) yang ditandatangani PHM dengan SKK Migas tanggal 29 Desember 2015, PHM berhak untuk melakukan pembiayaan atas kegiatan operasi minyak dan gas bumi yang diperlukan sejak tanggal ditandatanganinya kontrak sampai dengan tanggal efektif kontrak 1 Januari 2018, yang pelaksanaannya dilakukan oleh TEPI.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER