Vietnam Kecam Bioskop China di Kawasan Sengketa Laut China Selatan

1011

MONITOR, Hanoi – Vietnam mengecam bangunan dan pengoperasian sebuah bioskop oleh China di kepulauan Paracel. Dimana kepulauan tersebut termasuk dalam wilayah perairan laut China selatan yang kini tengah disengketakan.

Dilansir Reuters, Bioskop tersebut terletak di Pulau Woody, kepulauan Paracels yang juga diklaim Taiwan dan Vietnam, dilengkapi dengan peralatan proyeksi moderen.

"Tindakan oleh China telah melanggar kedaulatan Vietnam atas Kepulauan Hoang Sa (sebutan Pulau Woody dalam bahasa Vietnam), melanggar hukum internasional dan tidak dapat mengubah kedaulatan Vietnam atas nusantara ini," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam Le Thi Thu Hang, Selasa (1/8).

"Vietnam menentangnya dan menuntut agar China tidak mengulangi tindakan serupa,"tandasnya.

Ketegangan antar negara tetangga itu mencuat kembali pada pertengahan Juni saat pengeboran minyak dimulai di Blok 136/3 Vietnam, yang diselisikan ke perusahaan minyak negara Vietnam, Repsol dan Mubadala Development CO. dari Uni Emirat Arab.

Blok tersebut terletak dalam "sembilan garis" berbentuk U yang menandai luas daerah yang diklaim China di laut dan tumpang tundih dengan apa yang disebut oleh China sebagai konsesi minyaknya sendiri.