Jumat, 29 Maret, 2024

TNI AU Siapkan Pesawat Tempur di NTT

MONITOR, Kupang – TNI AU segera menempatkan sebuah pesawat tempur yaitu jenis T50 di Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kupang. 

“Dalam rencana strategis tahap kedua, kami akan ditambah sembilan buah pesawat Cassa. Satu pesawat tempur T50 akan ditempatkan di Lanud El-Tari yang akan datang di Kupang pada 21 Juli mendatang,” kata Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam siaran pers yang diterima di Kupang, Rabu (19/7/2017).

Ia mengatakan hal itu dalam pertemuan dengan Gubernur NTT Frans Lebu Raya pada Selasa kemarin, yang membahas salah satu isu pertahanan negara di wilayah NTT yang berbatasan dengan Australia dan Timor Leste itu.

Menurut Hadi Tjahjanto, terkait pertahanan negara, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki nilai strategis sehingga kehadirannya rangka menginventarisasi sejumlah kekuatan khususnya kekuatan udara yang perlu ditingkatkan.

- Advertisement -

Ia mengakui NTT merupakan wilayah yang memiliki posisi strategis sebagai provinsi berbasis kepulauan yang berbatasan langsung dengan dua negara. Untuk itu, pihaknya menempatkan pesawat tempur tersebut guna mendukung kerja menjaga pertahanan dan keamanan di daerah itu.

“Sehingga kegiatan-kegiatan pemerintah daerah, kepolisian daerah, komando daerah militer, apabila ada permasalahan di luar Kupang bisa segera ditindaklanjuti dengan cepat,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER