Kamis, 28 Maret, 2024

Modalku Luncurkan Mobile App bagi Pemberi Pinjaman

MONITOR, Jakarta – Modalku, pionir layanan FinTech peer-to-peer (P2P) lending nomor satu di Indonesia, mengumumkan peluncuran aplikasi mobile alternatif investasi. Aplikasi yang dinamakan Modalku ini menawarkan berbagai kemudahan bagi para pemberi pinjaman. Semua aktivitas, dari pendaftaran sampai pendanaan dapat dilakukan kapan saja melalui smartphone. Aplikasi Modalku tersedia di iOS App Store dan Google Play Store.

Pemberi pinjaman Modalku yang telah terdaftar dapat langsung melakukan aktivitas investasi alternatif. Aplikasi Modalku memiliki fitur ‘Pendanaan Otomatis’, di mana pemberi pinjaman dapat mendanai pinjaman Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sesuai preferensi, mulai dari tingkat pengembalian, jangka pinjaman, dan alokasi per pinjaman yang diinginkan. Fitur ini didesain secara khusus bagi pencari alternatif investasi yang aktif. Dengan Pendanaan Otomatis, aplikasi Modalku dengan sendirinya menghasilkan pendapatan pasif bagi pemberi pinjaman tanpa mereka harus repot mengurus alokasi dana setiap kali ada alternatif investasi yang menarik. Fitur Pendanaan Otomatis juga memudahkan diversifikasi portofolio dan mengontrol risiko.

Proses registrasi untuk menjadi pemberi pinjaman juga cepat dan mudah, bahkan sebagian dibuat otomatis. Contoh: saat pengguna mengisi kode pos, secara otomatis akan terisi detail alamat. Aplikasi Modalku juga dilengkapi notifikasi setiap kali pinjaman UKM siap didanai dan pemberitahuan ketika saldo rendah agar pemberi pinjaman tidak pernah kehilangan kesempatan melakukan aktivitas alternatif investasi. Modalku juga menunjukkan komitmen terhadap perlindungan konsumen di mana tersedia fingerprint login, encryption terkini, dan auto-logout demi keamanan informasi data pelanggan.

“Modalku menawarkan win-win relationship bagi para pelanggan kami, baik UKM di Indonesia maupun pencari alternatif investasi. P2P lending, bila didukung dengan diversifikasi merupakan instrumen alternatif investasi yang menguntungkan. Melalui platform kami, pemberi pinjaman dapat mendanai UKM dengan jumlah Rp 1 juta per pinjaman. Mereka akan mendapatkan return menarik setiap bulan dengan risiko yang relatif terkontrol sebagai pengembalian. Aplikasi terbaru kami memudahkan dan memperbesar akses ke P2P lending bagi pencari alternatif investasi di Indonesia,” ucap Reynold Wijaya, Co-Founder dan CEO Modalku.

- Advertisement -

Dr. Hendrikus Passagi, Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech OJK menambahkan "Kami menyambut dengan baik peluncuran aplikasi mobile Modalku karena teknologi ini akan semakin meningkatkan inklusi keuangan di tanah air, dan sekaligus mendukung perkembangan cashless society atau gerakan masyarakat tanpa uang tunai. Hal ini sejalan dengan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang menunjukkan bahwa sekitar 73% dari traffic internet Indonesia pada saat ini bersumber dari smartphones dan tablet. Ketersediaan aplikasi mobile Modalku bagi pemberi pinjaman akan memperluas akses masyarakat untuk memberikan pinjaman atau peer-to-peer lending ke Pelaku Usaha Berkebutuhan Khusus (PUBERKU) antara lain seperti pelaku UKM di Indonesia.”

David Ng, salah satu pemberi pinjaman Modalku menambahkan, ”Selama ini saya mendapatkan hasil alternatif investasi yang menarik melalui Modalku. Saya mendapatkan produk dengan pengembalian menarik, risiko terkontrol (terdiversifikasi), dan konsep yang mudah dimengerti. Aplikasi Modalku yang baru diluncurkan pun membuat hidup saya lebih mudah lagi. Saya dapat mengatur alternatif investasi yang diinginkan secara otomatis. Semua kegiatan juga dapat dilakukan secara praktis lewat smartphone.”

Modalku menghubungkan UKM dengan pemberi pinjaman yang mencari alternatif investasi lewat pasar digital. Dengan mendanai pinjaman UKM, pemberi pinjaman Modalku mendapatkan instrumen investasi alternatif yang memiliki tingkat return lebih tinggi dibandingkan deposito dan obligasi.

Modalku adalah platform peer-to-peer (P2P) lending terbesar di Indonesia, dengan penyaluran dana lebih dari Rp 215 miliar ke dalam 400 pinjaman UKM. Peluncuran aplikasi Modalku menyusul aplikasi Modalku Dana Usaha yang dikeluarkan Modalku di bulan Januari 2017 untuk UKM peminjam. Modalku Dana Usaha merupakan aplikasi pinjaman modal usaha pertama di Indonesia dan menyediakan pinjaman modal usaha lewat proses cepat, aman, dan user-friendly.⁠⁠⁠⁠

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER