Sabtu, 21 Mei, 2022

AS Tembak Jatuh Pesawat Tempur Militer Suriah di Raqqa

Monitor, Raqqa – Sebuah pesawat tempur milik Amerika Serikat (AS) telah menembak jatuh pesawat tempur milik tentara Suriah (19/6) di kawasan pedesaan Raqqa Selatan, Suriah, Minggu (19/6).

Dilansir Reuters, pernyataan tentara Suriah mengatakan akibat serangan yang dilakukan Minggu sore tersebut hingga kini sang pilot tidak diketahui keberadaannya.

Pernyataan itu juga menyebut serangan yang dilakukan AS ini sebagai penghambat ketika tentara Suriah bersama sekutu tengah memerangi terorisme. "Ini terjadi pada saat tentara Suriah dan sekutu-sekutunya memperjuangkan kemajuan dalam memerangi kelompok teroris ISIS," bunyi pernyataan itu.

Setelah serangan itu, Komando Pusat AS kemudian mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan pesawat Suriah itu hancur saat membela diri dari serangan Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yakni pasukan oposisi pemerintah Suriah.

- Advertisement -

Dikatakan juga bahwa pasukan pro-Suriah sebelumnya telah menyerang sebuah kota berpenduduk mayoritas SDF di selatan Tabqa dan melukai sejumlah pejuang, sehingga mereka terusir dari kota tersebut.

Dalam pernyataan itu AS juga menyebut serangan terhadap pesawat tempur Suriah ini murni pembelaan diri.

Pasalnya, lanjut pernyataan tersebut, pesawat koalisi pimpinan AS tengah dalam kekuatan penuh untuk menghentikan kemajuan kelompok teroris dikawasan tersebut, namun tiba-tiba pesawat jet SU-22 yang diketahui besutan Rusia kemudian menjatuhkan bom di dekat pasukan yang didukung AS, alhasil SU-22 itu segera ditembak jatuh oleh Super Hornet F/A-18E AS.
 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER