Sabtu, Mei 28, 2022

Mengenal Aplikasi Siputri, Terobosan Pelayanan Publik Pemkab Pandeglang

Monitor, Pandeglang – Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik.Seiring dengan kemajuan teknologi informasi (IT) pemerintah daerah juga terus berkreasi membuat inovasi kebijakan berbasis digital dalam upaya mempermudah pelayanan masyarakat dan memangkas jalur birokrasi.

Salah satu pemerintah daerah yang memanfaatkan IT dalam pelayanan peningkatan informasi dan pelayanan publik adalah Dinas Komunikasi Inforrmatika Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Aplikasi Siputri.

Peluncuran aplikasi Siputri sendiri pada dasarnya sesuai Peraturan Bupati Pandeglang Nomor 53 Tahun 2016 yang merupakan Dinas Komunikasi Inforrmatika Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang merupakan unsur pelaksana urusan komunikasi, informatika, sandi dan statistik. Sejalan dengan hal tersebut, dalam era teknologi informasi (IT) ini, Pemerintah Kabupaten Pandeglang telah membuat berbagai aplikasi dalam upaya memudahkan pelayanan terhadap masyarakat dan untuk memudahkan berbagai pihak melakukan pengawasan.

“Banyaknya aplikasi yang telah dipublish di playstore, tentu akan menyulitkan stakeholder dalam menyimpannya di telepon selular mereka. Untuk itu, perlu ada satu aplikasi yang bisa mengintegrasikan semua aplikasi tersebut dalam satu aplikasi,” ujar Kasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Diskomsantik Pandeglang, Mia Maulani Rizki, Kamis (8/6/2017).

- Advertisement -

Menurut Mia, Aplikasi Siputri  lahir dari ide dasar proyek perubahan agar dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan berbagai informasi publik. Dalam aplikasi Siputeri, dilengkapi pula dengan fitur video kegiatan Pemkab Pandeglang sebagai persiapan jika Pemkab Pandeglang memiliki televisi streaming. Selain itu, sudah diintegrasikan pula dengan streaming LPP Radio Berkah Pandeglang. 

“Dalam tahap awal ini, sudah berhasil kita integrasi sebanyak 15 aplikasi yang tersebar diberbagai OPD. Kedepan, semua aplikasi akan kita integrasi,” pungkasnya.

Semangat Pemkab Pandeglang dalam membuka berbagai informasi yang menjadi hak publik membuat PT. Menara Banten Media, pengembang aplikasi Siputeri, bersedia membantu pembuatan aplikasi tersebut secara gratis.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER