Sabtu, Mei 28, 2022

Pola Hidup Sehat Penderita Gagal Ginjal

Monitor – Tahukan Anda semua apa itu gagal ginjal? Gagal ginjal adalah kondisi di mana ginjal tidak lagi bisa melakukan fungsinya. Fungsi ginjal adalah sebagai penyaring zat-zat kimia, sebagai alat untuk mengeluarkan zat-zat kimia, sebagai pengontrol asam-basa, dan sebagai penjaga keseimbangan elektrolit.

Penyebab gagal ginjal bisa karena komplikasi beberapa penyakit seperti hipertensi, diabetes, kerusakan pada bagian dari ginjal itu sendiri, dan juga akibat gaya hidup penderitanya.

Badan Kesehatan Dunia ( WHO ) menyebutkan pertumbuhan jumlah penderita gagal ginjal pada tahun 2013 telah meningkat 50% dari tahun sebelumnya. Di Amerika Serikat, kejadian dan prevalensi gagal ginjal meningkat 50% di tahun 2014.

Gejala penderita gagal ginjal di antara nya adalah, sering kencing dimalam hari, mengalami pembengkakan dilengan atau kaki, mual, muntah, lemas, kurang nafsu makan, buang air besar tidak lancar, dan merasakan sakit di punggung bagian belakang.

- Advertisement -

Lantas bagaimana proses terjadinya gagal ginjal? Mahasiswa Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang, Noviyanti Khoiriyah mengatakan, bagi Anda yang gemar minum-minuman berenergi, sering minum jamu dan juga minum obat yang mengandung kortikosteroid dan sering mengkonsumsinya maka disarankan untuk dapat menguraginya saat ini juga.

Biasanya orang cenderung untuk minum jamu guna  menghilangkan sakit yang dialami, padahal tanpa disadari jamu tersebut belum tentu aman untuk tubuh. Jamu yang diberi tambahan obat steroid maupun kortikosteroid sangat berbahaya untuk kesehatan ginjal, obat-obatann tersebut dapat mengangu kerja dari ginjal itu sendiri.

Begitu pula dengan taurin yang biasanya terdapat dalam minuman berenergi mungkin bagi sebagian orang dengan meminum-minum semacam itu dapat membuat mereka semangat dalam bekerja, namun minuman seperti itu sangat tidak disarakan apabila dikonsumsi setiap hari apalagi kalau minuman tersebut dibuat sebagai pengganti air putih.

Sebenarnya steroid maupun kortikosteroid adalah suatu obat anti inflamasi yang biasanya digunakan untuk mengobati penyakit yang sudah parah, apabila obat tersebut dikonsumsi terlalu banyak oleh orang sehat maka sangat berbahaya untuk kesehatan ginjalnya.

"Obat tersebut akan meningkatkan tekanan darah, sehingga ginjal akan bekerja lebih keras untuk melakukan penyaringan darah. Akumulasi steroid dan kortikosteroid yang terlalu banyak dalam darah akan menjadi racun serta membuat ginjal bekerja di bawah tekanan yang sangat berat dan dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit serta tekanan darah tinggi. Perlu diingat steroid dan kortikosteroid boleh dikonsumsi asalkan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter, begitu pula taurin yang terkandung dalam minuman berenergi asalkan tidak setiap hari dan masih dalam jumlah yang wajar," katanya, melalui rilis yang diterima Redaksi Monitor.co.id di Jakarta, Rabu (31/5).

Lantas hal apa saja yang perlu diperhatikan saat seseorang yang menderita gagal ginjal. Penderita gagal ginjal harus memperhatikan asupan cairannya, dimana asupan cairan yang terlalu banyak pada penderita gagal ginjal akan membuat kerja ginjal menjadi berat, sedangkan pada penderita gagal ginjal fungsi ginjalnya sudah menurun dan akan sangat sulit untuk mengeluarkan cairan yang ada di dalam tubuh, apabila cairan tesebut tidak dikeluarkan maka akan terjadi pembengkakan di bagian tubuh pasien.

Pasien gagal ginjal sangat dilarang untuk makan pisang, pasti banyak yang berpikir kenapa pisang tidak dapat dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal. Padahal selama ini pisang biasanya dikonsumsi untuk sehari-hari. Pisang sangat berbahaya bagi penderita gagal ginjal bahkan orang baru terdiagnosa gejala gagal ginjal juga dilarang untuk mengkonsumsi pisang. Pisang mengandung kalium yang sangat tinggi, kalium yang sangat tinggi tersebut sangat berbahaya bagi penderita gagal ginjal.

Penderita gagal ginjal dengan kalium yang tinggi dapat menyebabkan gangguan irama jantung bahkan juga dapat menyebabkan berhentinya kerja jantung secara mendadak. Hal tersebut terjadi karena pada pasien gagal ginjal mengalami penurunan produksi urine bahkan sampai urine sampai tidak dapat diproduksi, sehingga apabila jumlah kalium terlalu tinggi dalam tubuh dan tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan irama jantung.

Pernah di suatu rumah sakit ada seorang pasien gagal ginjal dan pasien tersebut mengonsumsi pisang, sehingga pasien tersebut akhirnya mengalami pingsan, jadi untuk para penderita gagal ginjal mulai sekarang diharapkan untuk memperhatikan asupan makan yang akan dimakan terutama makanan yang mengandung banyak kalium seperti pisang, karena ternyata di balik rasanya yang lezat, pisang sangat berbahya bagi penderita gagal ginjal.

Pasien gagal ginjal disarankan untuk melakukan diet rendah protein dan rendah karbohidrat agar tidak terlalu cepat menumpuk sisa ureum yang bisa menjadi racun bagi tubuh. Ureum sendiri adalah hasil akhir metabolisme protein yang akan dibuang oleh ginjal melalui urine, sedangkan pada penderita gagal ginjal produksi urinenya sedikit sehingga apabila jumlah ureum terlalu banyak maka ureum akan meracuni sel-sel dalam tubuh.

Makanan rendah seperti tempe, susu, keju, ikan, dan daging sedangkan makanan rendah karbohidrat seperti nasi, kentang, sagu, jagung, dan roti. Pasien gagal ginjal juga harus membatasi konsumsi garam karena kandungan zat yang ada didalam garam dapat memperberat kerja ginjal. Hindari merokok dan juga minuman beralkhol karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, dimana darah tinggi adalah salah satu penyebab terjadinya gagal ginjal.(HS)

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER