Kamis, 25 April, 2024

Ratusan Orang Terjebak dalam Peperangan Marawi

Monitor, Filipina—Pasukan Filipina mengatakan bahwa mereka sekarang menguasai sebagian besar kota di selatan, di mana pejuang yang terkait dengan ISIL melancarkan pengepungan berdarah seminggu yang lalu. Karena ketakutan meningkat bagi ratusan orang yang tidak dapat lolos dari kekerasan tersebut.

Dilansir Aljazera, laporan pada hari Senin mengatakan bahwa 24 warga sipil termasuk di antara 105 orang yang tewas dalam pertempuran antara militer dan pejuang kelompok bersenjata Maute.

Sebagian besar 200 ribu orang Marawi telah meninggalkan kota tersebut namun sampai dengan 2.000 orang terdampar di daerah yang dikendalikan oleh pejuang Maute, menurut Zia Alonto Adiong, seorang politisi yang mengkoordinasikan upaya untuk mengevakuasi warga sipil.

"Mereka mengirim SMS kepada kami dan meminta bantuan kami," katanya.

- Advertisement -

"Mereka tidak bisa pergi karena takut masuk ke pos pemeriksaan yang dipasang oleh orang-orang bersenjata."

Warga sipil yang terjebak tanpa makanan, dan ingin militer menghentikan serangan udara, katanya, mendesak militer "melakukan pendekatan yang berbeda".

Pertarungan jalanan ke jalan dan kampanye pengeboman tanpa henti sejauh ini gagal mengakhiri krisis di Marawi, salah satu kota Muslim terbesar di Filipina, di mana Presiden Rodrigo Duterte mengklaim bahwa pejuang Muslim terlibat dalam upaya yang terinspirasi oleh ISIL untuk mendirikan Sebuah negara yang terpisah.

Duterte telah memberlakukan darurat militer di sepertiga bagian selatan Filipina untuk mengakhiri pemberontakan tersebut. (Aljazera)

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER