Sabtu, Mei 28, 2022

Lima Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa dan Santap Sahur

Monitor – Memilih jenis makanan sehat selama berpuasa menjadi hal penting. Ada beberapa jenis makanan yang sehat untuk berbuka puasa maupun saat sahur. 

Pemilihan makanan dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit yang dialami oleh seseorang yang sedang berpuasa. Lantas bagaimana cara memilih makanan itu? 

Seorang chef, yaitu Chef Aditia, memberikan sejumlah tips untuk memilih makanan yang tepat untuk berbuka dan sahur. Menurut dia, pemilihan jenis makanan yang sehat itu tidak mengganggu sistem pencernaan saat berpuasa.

"Makanan yang tidak memancing asam lambung. Makanan segar sih yang penting. Makanan netral," ujar Chef Aditia seperti dikutip Sindonews di Jakarta. 

- Advertisement -

1. Ayam Goreng 

Ayam goreng adalah hidangan yang dibuat dari daging ayam dicampur tepung bumbu yang digoreng dalam minyak goreng panas. Jenis makanan inipun menjadi pilihan yang tepat dan sehat untuk dikonsumsi saat bulan puasa. Namun, ayam goreng yang dimaksud di sini bukanlah ayam goreng seperti di restoran cepat saji, melainkan buatan sendiri di rumah. 

2. Sup Ayam 

Memilih jenis makanan berkuah saat santap sahur memang sangat penting. Salah satunya adalah sup ayam. sup yang terbuat dari ayam, yang dicampur dengan berbagai bahan makanan lainnya merupakan makana sehat yang baik dikonsumsi, baik saat berbuka puasa maupun sahur. 

3. Kurma

Palm fruit atau kurma adalah buah yang berasal dari pohon palem yang ditemukan di wilayah Mediterania. Buah asal Timur Tengah ini pun menjadi makanan khas saat bulan Ramadan. Ini karena kurma memiliki  manfaat kandungan seperti vitamin, zat besi dan juga kalsium. Kandungan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. 

4. Tumis Sayuran 

Sayuran memang sangat penting saat sahur. Ini karena kandungan serat yang tinggi pada sayuran sangat dibutuhkan saat berpuasa sehingga memperlancar pencernaa saat buang air besar dan mengurangi risiko sembelit yang biasa terjadi. 

5. Salad Buah

Dessert ini sanfat cocok untuk berbuka puasa. Ini karena beberapa buaah yang terkandung dalam salad sangat penting meningkatkan vitamin usai menjalani puasa.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER