Kamis, Mei 26, 2022

Lembaga Pendidikan Miliki Peran Penting Cegah Pudarnya Rasa Nasionalisme

Monitor, Jakarta – Anggota komisi VIII DPR RI, H. Anda mengatakan, memudarnya rasa nasionalisme dikalangan muda akibat pengaruh globalisasi perlu di antisipasi oleh semua semua pihak terlebih oleh  lembaga pendidikan. 

"Peran lembaga pendidikan, baik formal ataupun non formal sangat penting dalam megedukasi masyarakat terutama kaum muda," kat Nanda (sapaan akrab H. Anda-Red) dalam acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang di Rangkasbitung, Kamis (13/4).

Menurut Nanda, pengaruh globalisasi yang begitu cepat merambah dikalangan muda perlu di barengi dengan ilmu pengetahuan yang cukup. "Kita harus siap dengan segala kemajuan jaman ini, apalagi pengaruh luar terhadap kehidupan sehari-hari kita sangat cepat cepat sekali di adopsi oleh bangsa kita," tutur Nanda.

Salah satu cara mengedukasi atau memberikan pemahaman terhadap masyarakat terutama kalangan muda, menurut Nanda yaitu dengan cara mensoasialisasikan empat pilar kebangsaan secara masif.

- Advertisement -

"Penguatan wawasan kebangsaan, serta memberi pemahaman terkait UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan Pancasila itu menjadi keharusan,"imbuh Nanda.

Nanda melanjutkan, banyaknya anak muda yang bersikap apatis serta tidak terlalu memikirkan masa depannya sndiri menjadi masalah tersendiri bagi bangsa ini. Karena menurut Nanda, baik dan buruknya masa depan bangsa ini sedikit banyaknya dipangaruhi juga oleh prilaku kaum mudanya.
 
"Peran kaum muda itu sangat penting untuk kemajuan bangsa, untuk itu pemuda Indonesia harus lebih berpikir produktif baik bagi masa depan dirinya ataupun masa depan bangsa ini,"tutupnya.(HS)

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER