KamiSketsa,Cara Unik Galeri Nasional Indonesia Populerkan Seni Sketsa

MONITOR, Jakarta – Galeri Nasional Indonesia menyuguhkan program baru bagi para pecinta seni. Program ini diberi nama KamiSketsa. Melalui KamiSketsa, Galeri Nasional Indonesia ingin mengajak semua orang yang memiliki niat belajar membuat sketsa.

Salah satu edukator Galeri Nasional Indonesia, Aola mengatakan, KamiSketsa bertujuan untuk mengajak pengunjung terlibat dalam membuat suatu karya seni.

"Selama ini kan Galeri Nasional digunakan untuk mengapresiasi karya seniman. Sekarang kami juga ingin melibatkan masyarakat untuk ikut serta berkreasi menciptakan karya seninya sendiri," ujarnya di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis (26/10).

Ia menjelaskan, KamiSketsa telah dilaksanakan untuk pertama kalinya pada 19 Oktober 2017. Adapun para peserta lintas usia yang terdiri dari seniman, mahasiswa, dan juga masyarakat umum dari berbagai wilayah, tampak antusias mengikuti setiap tahapan proses kegiatan.

Dalam KamiSketsa, para peserta diajak untuk berdiskusi santai terlebih dulu sebelum memulai menggambar sketsa. Usai diskusi santai, tim fasilitator atau edukator Galeri Nasional Indonesia membagikan alat-alat menggambar sketsa berupa clipboard berbahan kayu sebagai alas menggambar sketsa, kertas putih, serta alat tulis seperti spidol, pulpen, lidi dan tinta cina, kuas, juga drawing pen.

Khusus untuk alat tulis, peserta dapat memilih sendiri alat tulis yang dirasa nyaman untuk menggambar sketsa. Berbekal peralatan menggambar sketsa, peserta kemudian bereksplorasi memilih objek sketsa di dalam lingkungan Galeri Nasional Indonesia. Ada yang memilih objek gedung, tanaman, manusia, dan benda-benda lainnya.