‘Dunia Komik’ Hadir di Galeri Nasional hingga 18 April Mendatang

MONITOR, Jakarta- Sebagai salah satu pusat kegiatan seni rupa, kali ini Galeri Nasional Indonesia (GNI) mendapat kesempatan sebagai mitra dalam mewadahi karya seniman kontemporer, khususnya komikus Indonesia. Dunia Komik Indonesia hadir di Galeri Nasional melalui Pameran ‘Indonesia Art Festival’ yang dapat dikunjungi masyarakat mulai tanggal 2-18 April 2018.

Sebanyak 129 karya para seniman kreatif dan inovatif yang tersaring dari total 350 peserta ditampilkan dalam ‘Indonesia Art Festival’. Selain itu, sebanyak 13 komikus mendapat penghargaan khusus dari kurator karena karyanya yang menonjol. Salah satu bentuk karya yang terdapat dalam pameran adalah komik yang berada dalam media kasur.

Pameran ini mengangkat tema ‘Dunia Komik’, dengan pertimbangan bahwa komik merupakan bahasa komunikasi visual yang universal, dan saat ini dunia internasional sudah mulai memberi ruang apresiasi terhadap seni komik.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Kustanto,  mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan bentuk komitmen visi dan misi GNI yang berupaya meningkatkan kemajuan karya seni rupa.

“Ke depannya kami memiliki  target diskusi untuk membentuk federasi komik Indonesia. Harapannya agar dapat membuat masyarakat lebih mengenal  komik, menghargai dan mencintai karya seni Indonesia,” ujarnya, Jakarta, Minggu (15/4).

Indonesia Art Festival merupakan salah satu bentuk kerja sama Galeri Nasional dengan Yayasan Seni Rupa Indonesia (YSRI). Selama ini, YSRI memiliki peran besar dalam seni kontemporer Indonesia. Salah satu perannya adalah dengan memberikan ruang apresiasi para seniman.

Karya-karya dalam ‘Dunia Komik’ dapat dinikmati hingga tanggal 18 April 2018 di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.