Tips Bertransaksi Non Tunai secara Aman

MONITOR – Belakangan ini sedang viral modus kejahatan di dunia perbankan yang menyebabkan hilangnya uang direkening pribadi kita. Diduga kejahatan tersebut merupakan skimming data. 

Skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal.  

Pelaku bisa saja mendapatkan data nomor kartu kredit atau debit korban menggunakan metode sederhana seperti halnya fotokopi, atau metode yang lebih canggih seperti menggunakan perangkat elektronik kecil (skimmer) untuk menggesek kartu lalu menyimpan ratusan nomor kartu kredit korban.

Nah, kali ini tahu tidak, kalau kita memiliki rekening di bank, otomatis ada 4 nomor penting yang melekat pada kartu ATM dan kartu kredit kita, yang sifatnya wajib dijaga dan tidak boleh diberitahu ke orang lain.

Nomor-nomor tersebut adalah nomor kartu, nomor PIN, nomor CVV (3 nomor terakhir di belakang kartu), dan nomor OTP/token yang terkirim ke HP pemilik rekening.

Nah, bagi Anda yang hobi bertransaksi online. Berikut ini panduan cara bertransaksi non- tunai dengan aman.

1. Transaksi

Saat Anda bertransaksi jaga kartu atm dengan baik dan aman, Gunakan hanya untuk melakukan transaksi pembayaran, setelah itu simpan bukti pembayaran dan lakukan pengecekan transaksi secara berkala. 

Jangan menggunakan pembayaran lain selain mesin EDC. Ingat, masyarakat tidak boleh mengabaikan notifikasi transaksi dan segera laporakan jika terjadi transaksi yang tidak dilakukan dan tak boleh mengalihkan perhatian saat bertransaksi, dan yang perlu diingat jangan menggunakan kartu di merchant yang mengenakan biaya transaksi.

2. Informasi Transaksi

Jaga kerahasiaan pin, username, dan password Anda, Hindari pin yang mudah ditebak dan ganti pin Anda secara berkala, Daftarkan nomor hp Anda untuk mendapatkan notifikasi transaksi, selalu waspada penipuan dengan modus kenaikan limit, hadiah, dan diskon. Ingat, jangan pernah berikan kartu non tunai kepada orang lain. 

3. Transaksi Online

Jika Anda harus bertransaksi online, gunakanlah perangkat dijaringan yang aman dan waspada terhadap aplikasi yang berisikan virus malware berbahaya. 

Sebaiknya, transaksi tidak dilakukan di jaringan publik karena rentan disalahgunakan dan jangan mengunduh file dari sumber yang tidak dipercaya. Sebaiknya, tidak memasukkan informasi pribadi pada tautan dari e-mail atau halaman situs yang terbuka otomatis. 

4. Kehilangan Kartu

Jika Anda kehilangan kartu, segera hubungi call center dan lakukan pemblokiran kartu non-tunai Anda.