Kamis, 25 April, 2024

Pesan Anies Baswedan saat Hadiri Perayaan Paskah di Monas

MONITOR, Jakarta – Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengajak warga Jakarta agar selalu menjaga persatuan dam kesatuan, ajakan Anies ini dilontarkan pada saat menghadiri Perayaan Paskah  Bersama II yang digelar oleh Gereja Bethel Indonesia (GBI) Glow di Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (1/4).

Kata Anies, dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan maka  menjadikan Indonesia harmonis dalam keberagaman.

"Ya seharusnya pesan utama Paskah Bersama Pemprov DKI ini adalah persatuan. Sebab karena persatuan inilah yang menjadikan Indonesia harmoni. Karena hari ini semangat persatuan ini yang muncul dalam perayaan pagi hari ini," kata Anies.

Mantan Mendikbud ini menambahkan keberagaman Indonesia itu dipertegas dengan semboyan negara yakni Bhineka Tunggal Ika. Menurut Anies, banyak orang lebih sering membicarkan kata bhineka.

- Advertisement -

Namun bagi Anies dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika harusnya yang digaris bawahi kata Tunggal karena itu bentuk perjuangan menuju kebersamaan.

"Pesan ini juga yang ingin saya garis bawahi sering kali kita berbicara tentang kata bhineka daripada kata tunggal. Keberagamaan adalah kenyataan, keberagaman adalah fakta, sesuatu yang kita bawa, suatu yang ada dalam diri kita sejak lahir tidak bisa kita ubah. Tapi tunggal aatu persatuan adalah hasil perjuangan hasil kebersamaan," katanya.

Dalam perayaan Paskah Bersama  II ini, Anies juga menyampaikan terima kasih kepada jemaat GBI Glow yang kembali menghidupan semangat kebersamaan di Monas.

Anies menegaskan jika Monas adalah milik bersama tak tekecuali. "Saya sampaikan Monas adalah monumen kebangsaan milik semuanya. Hari ini berkumpul lebih dari 30 ribu jemaat seakan mengingatkan kita lapangan ini. Lapangan yang digunakan untuk pertama kali rakyat Indonesia bekumpul setelah kemerdekaan ketika itu namanya lapangan Ikada," katanya.

Di akhir sambutannya, Anies mengatakan Pemprov DKI berkomitmen melayani dan memfasilitasi setiap warga DKI yang ingin melaksanakan kegiatan keagaman.

Karena hal itu merupakan kewajiban Pemprov DKI melayani warga Ibu Kota. "Kami jajaran Pemprov DKI yang hadir berkomitmen sejak awal Pemprov DKI melayani setiap dan semua warga Jakarta termasuk ketika berencana merayakan hari besar keagaaman. Kami sampaikan sudah menjadi kewajiban kami membantu mendukung dan memfasilitasi," tuturnya 

Sementara itu, Pengarah Panitia Perayaan Paskah Bersama II Manginar Rico Sinaga menambahkan, sukses kegiatan ini akan menjadi modal Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Anies Baswedan-Sandiaga S Uno dalam mewujudkan visi misi.

"Saya optimis sukses penyelenggaraan perayaan Paskah Bersama II ini akan menjadi modal mewujudkan cita cita "Bangkit Jakarta, Hebat Kotanya, Nyaman Tentram serta Bahagia Warganya", kata M Rico Sinaga yang juga Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarajat (FKDM)DKI Jakarta ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER