Tips

Jenis Usaha Ini Cocok Buat Kamu yang Punya Modal Minim

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR, Jakarta - Dijaman sekarang khususnya di Indonesia masih banyak pengangguran yang mencari pekerjaan, gelar sarjana pun tidak dapat menjamin seseorang mendapatkan pekerjaan.

Lowongan pekerjaan yang dibuka tidak bisa menampung semua pencari kerja ini, mungkin hanya puluhan orang yang dapat diterima dari ribuan orang yang mendaftar. Oleh sebab itu generasi milenial jaman sekarang harus bisa merubah pola pikir, seperti biasanya jika sudah lulus kuliah atau selesai sekolah lebih memilih mencari pekerjaan di kantor-kantor atau di tempat perbelanjaan.

Padahal ada beberapa jenis usaha dengan modal kecil yang salah satunya bisa dilakukan di rumah dan dapat mendatangkan untung yang sangat banyak. Dilansir cermati.com, berikut beberapa jenis usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa kalian jadikan refrensi untuk membuka peluang usaha.

1. Desain Grafis

Gambar terkait

Usaha sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior. Beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis ini adalah sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, dan upwork.com (dulu bernamaodesk.com). Bisnis ini tidak membutuhkan modal berarti, hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang harus anda tingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan anda. Produk yang kreatif dan tepat waktu adalah kunci sukses bisnis ini.

2. Jual Pulsa Elektrik

Gambar terkait

Jual pulsa elektrik justru paling tepat dilakukan oleh seorang karyawan sebagai usaha sampingan. Pasalnya, teman kantor, teman kost, dan sebagainya adalah pasar yang tepat dan menggiurkan. Menurut kabar, seorang pebisnis pulsa skala besar di Jakarta memiliki omzet Rp20 triliun setahun. Usaha besar tentu dimulai dari yang kecil lebih dahulu, dan Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Mudah, tanpa biaya besar, dan waktu yang fleksibel adalah daya tarik bisnis ini. Modalnya pun relatif kecil, yaitu berkisar mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 jutaan saja. Untuk mendapatkan pelanggan tetap juga relatif mudah yaitu teman dan tetangga anda sendiri.

Bagaimana cara menjadi agen pulsa elektrik ini? Tiap provider pulsa elektrik punya ketentuan yang berbeda, namun secara umum Anda cukup mendaftar dan melakukan deposit. Kemudian, saldo anda bisa digunakan untuk transaksi semua produk. Untuk mendaftar, Anda bisa menggunakan formulir pendaftaran atau kirim SMS dengan format yang sudah ditentukan.

3. Makanan Pagi (Sarapan)

Gambar terkait

Bagi Anda yang termasuk karyawan dengan jadwal masuk siang atau sore, menjual makanan untuk sarapan adalah ide yang menarik. Saat ini banyak karyawan yang kerepotan menyediakan sendiri sarapannya khususnya mereka yang masih tinggal sendiri. Untuk usaha ini tidak dibutuhkan ruangan yang spesifik. Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah Anda untuk menjual makanan tersebut. Menunya pun sederhana dan tidak butuh waktu lama untuk mengolahnya. Bubur ayam, nasi uduk, nasi kuning, dan gorengan, ditambah kopi sebagai pelengkap adalah menu sederhana yang punya nilai jual tinggi.

Modalnya juga terbilang kecil untuk memulai usaha ini, yaitu sekitar Rp4 juta per bulan. Dari angka tersebut, sekitar 80%-nya akan digunakan untuk membeli bahan baku seperti telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran. Sisanya untuk membeli minyak goreng, gas, dan juga transportasi. Berapa besar keuntungan yang didapatkan? Berdasar informasi dari beberapa media online, dengan modal sebesar itu Anda berpeluang mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp2 juta per bulan.

4. Membuat Blog

Hasil gambar untuk blog

Menjadi seorang blogger merupakan sebuah kombinasi menyenangkan antara hobi dan pekerjaan. Kunci sukses dari sebuah website adalah traffic atau jumlah pengunjung yang banyak. Memang untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak orang yang berfikir instan dengan membeli traffic ke penyedia layanan jasa traffic. Hal tersebut sangatlah keliru. Pengunjung yang datang dari jasa ini bukanlah manusia tapi fake traffic yang tidak memberikan keuntungan apapun bagi pemilik website.

Untuk memulai bisnis blog ini, pilihlah tema yang sesuai dengan passion atau hal-hal yang sangat anda sukai seperti misalnya barang-barang eletronik, makanan, musik, dan lain sebagainya. Kemudian isi blog anda dengan konten tersebut yang bisa berupa artikel, ulasan, komentar, atau apapun.

Jika konten blog anda berkualitas, maka pelan tapi pasti akan banyak pembaca yang berkunjung. Traffic blog akan naik dengan sendirinya, backlink dari situs web lain juga mudah didapatkan. Apabila traffic blog Anda bagus, maka blog kemudian bisa di-monetize untuk mendapatkan uang. Caranya pun beragam, mulai dari buka space iklan untuk pengiklan lokal sampai dengan tergabung dalam jaringan periklanan profesional layaknya Google Adsense. Menariknya, hanya butuh modal maksimal Rp1 juta untuk membuka usaha ini.

5. Menjual Pakaian Murah

Gambar terkait

Jika ingin menjalankan usaha sampingan yang dapat dikelola secara sederhana, sebaiknya jualah produk yang tahan lama atau tidak bisa kadaluarsa. Salah satu contohnya adalah pakaian. Terlebih lagi, pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok. Modal yang digunakan sebenarnya tergolong kecil, tergantung stok yang ingin diambil. Misalnya, dengan modal Rp1 juta, anda bisa membeli sejumlah pakaian baru dari toko grosir seperti dewagrosir.com. Beberapa situs ini juga bisa Anda jadikan pembanding harga: deltagrosir.com, tanahabangpgmta.com, dan bursatanahabang.com. Beberapa produk dengan harga murah dan banyak dicari antara lain adalah daster, mukena, busana muslim, dan sarung tenun, dan lain-lain.

6. Membuka Toko Online

Gambar terkait

Di era internet sekarang ini, masyarakat sudah mulai lumrah dengan transaksi online. Peluang membuka toko online pun semakin menarik untuk dicoba. Beberapa produk yang paling banyak dijualbelikan di toko online adalah pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, kaos, atau produk barang digital lainnya seperti ebook, perangkat lunak, musik, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, bisnis toko online ini bisa dilakukan dengan menjual barang sendiri atau orang lain yang ingin menitip jual pada kita.

Anda tak perlu khawatir dengan modal karena modal yang perlu dipersiapkan juga relatif kecil. Yang perlu dibeli antara lain hanyalah template yang harganya sekitar Rp300 ribuan. Jika bisa membuat dan mendesain sendiri, maka bisnis ini bisa dibilang nyaris tanpa modal.

(SKW)