Megapolitan

Jutaan Mobil di DKI Jakarta Nunggak Pajak, Ratusan Diantaranya Mobil Mewah

Ilustrasi

MONITOR, Jakarta - Lebih dari satu juta kendaraan di Jakarta ternyata diketahui nunggak pajak. Parahnya ratusan diantara adalah mobil mewah yang harganya mencapai miliaran rupiah.

"Ya, kurang lebih ada sekitar 1.052 kendaraan pribadi di Jakarta yang tidak pernah bayar pajak. Oronis nya dari jumalah itu, sekitar 744 dikentahui mobil mewah yang harganya mencapai miliaran rupiah,"ungkap Gubernur Jakarta Anies Baswedan, di Balikota, Jumat (12/1).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan terdapat lebih dari satu juta kendaraan roda empat yang menunggak bayar pajak. Anies menegaskan hal tersebut bisa ditoleransi atau didiamkan begitu saja.

"Kami tidak bisa diam saja. Harus ada langkah konkret agar si pemilik kendaraan ini mau membayar pajak," tegas Anies.

Apalagi, salah satu prioritas Pemprov DKI adalah memastikan penerimaan pajak dan retribusi bisa optimal.

"Kita akan kejar, kita minta semua tunaikan kewajiban bayar pajak. Jalan digunakan, fasilitas dimanfaatkan, udara juga memiliki dampak dari kendaraan. Tapi tanggung jawab untuk bayar pajak belum diselesaikan," jelasnya.

Untuk memberi efek jera, Anies akan mengumumkan jenis, merek, dan identitas kendaraan yang belum bayar pajak. Utamanya yang berharga di atas Rp 1 miliar.

"Kendaraan di atas satu miliar itu kendaraan mewah. Saya rasa dari sisi kemampuan ekonomi amat tinggi jadi tidak ada kesulitan untuk bayar pajak, harga mobilnya saja di atas satu miliar. Dan kendaraan di atas satu miliar yang belum bayar pajak jumlahnya ada 744 mobil. Pajak yang harusnya dibayar totalnya masih 26 miliar belum masuk," pungkasya.

(jml)