Megapolitan

Dua Negara Ini Berpotensi Majukan Peradaban Dunia Islam

Prof. Din Syamsuddin mengundang Dato Seri Zahid Hamidi untuk pidato peradaban di kantor CDCC

MONITOR, Jakarta - Peradaban Islam semakin berkembang pesat di Indonesia maupun Malaysia. Dari sekian negara Asia Tenggara, kedua negara tersebut memang dikenal memiliki jumlah penduduk Muslim terbesar.

Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban, Din Syamsuddin, menyatakan bahwa kenyataan akan jumlah umat Islam yang padat di dua negara tersebut akan membawa dampak sistemik terhaddap kebangkitan dan kemajuan Dunia Islam.

"Keberhasilan Indonesia dan Malaysia mengembangkan Islam Wasathiyah (modern dan moderat serta berkemajuan) dapat membawa dampak sistemik terhadap kebangkitan dan kemajuan Dunia Islam," ujar Din Syamsuddin saat menyambut kedatangan Dato Seri Zahid Hamidi di kantornya, Selasa (14/11).

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini menegaskan, baik Indonesia maupun Malaysia sama-sama memiliki sarana infrastruktur kebudayaan Islam yang mumpuni, termasuk tradisi intelektual yang cukup tinggi.

Sekadar informasi, Din Syamsuddin selaku pimpinan Centre for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) mengundang Dato Seri Zahid Hamidi untuk menyampaikan Pidato Peradaban di kantornya.

(tsar)

Terpopuler