Tak sengaja menelan rambut, berbahaya atau tidak?

MONITOR, Jakarta- Menemukan helaian rambut yang jatuh ke dalam makanan bisa menjadi hal yang menjijikkan bagi sebagian orang. Lalu, bagaimana jadinya jika kamu tak sengaja menelan rambut tersebut? Apakah membahayakan untuk kesehatan tubuhmu?

Menurut lansiran dari popsci.com, sejauh ini belum ada laporan serius yang masuk di FDA tentang orang yang jadi sakit akibat tak sengaja menelan rambut.

Maria Colavincenzo, seorang dermatolog di Northwestern University menjelaskan bahwa rambut terbuat dari protein padat yang disebut keratin yang secara kimia tidak akan menimbulkan masalah jika tak sengaja kamu cerna.

Memang kemungkinan ada bakteri staph yang bisa meningkatkan kemungkinan diare. Namun jumlahnya sangatlah kecil yang tidak akan cukup untuk menimbulkan masalah gastrointestinal.

“Satu-satunya masalah yang akan timbul adalah jika kamu menelan seluruh rambut di kepala dan membentuk gumpalan yang disebut dengan trichobezoars. Nah, baru kamu bisa mengalami sakit perut karenanya,” ungkap Colavincenzo.

“Sebenarnya, kamu mungkin saja sudah menelan rambut secara tidak kamu sadari dalam wujud bahan kimia. Sebab pabrikan makanan biasanya menggunakan L-sistein atau asam amino dalam keratin untuk menstabilkan adonan dan meningkatkan rasa asin dan gurih.”