Pastikan Penyaluran Lancar, Direktur Pertamina Turun Langsung ke Lapangan

    Monitor, Jakarta – Tepat pada malam puncak arus mudik Lebaran 2017, Direktur Pemasaran Muchammad Iskandar mengecek langsung kegiatan operasional Terminal BBM Plumpang pada Kamis, (22/6). Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan penyaluran BBM pada H-3 Lebaran 2017 berjalan dengan lancar.

    TBBM Jakarta Group Plumpang merupakan terminal yang melayani distribusi BBM ke 876 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) area Jabodetabek, Bogor, Sukabumi, dan Puncak dengan volume rata-rata 14800 KL/hari. Sejak 10 Juni 2017 hingga saat ini penyaluran dari TBBM Plumpang tercatat mengalami kenaikan sebesar 2,7% dari rata-rata kondisi normal.

    Secara nasional, kenaikan penyaluran produk gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) pada periode 10-21 Juni 2017 telah mencapai 7,15% dibandingkan kondisi normal 2017. Seperti dengan tahun-tahun sebelumnya, kenaikan tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah & DIY (Marketing Operation Region IV) sebesar 11% dibandingkan kondisi normal atau meningkat dari 11.399 KL menjadi 12.696 KL.

    Penjualan SPBU di jalur mudik juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hingga saat ini kenaikan terbesar terjadi di SPBU jalur mudik daerah Jawa Barat yang mencapai rata-rata 49%. Sedangkan di daerah Jawa Tengah meningkat 27%.

    “Meski terjadi kenaikan, hal ini sudah diantisipasi oleh Pertamina sehingga penyaluran BBM ke masyarakat tidak terhambat,” ujar Iskandar.

    Untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM tersebut, Pertamina telah  melakukan sejumlah antisipasi yaitu menambah stok BBM, menambah jumlah armada mobil tanki, 50 titik KIOS Pertamax, 83 motor Satgas BBM, dan 9 Mobile Dispenser. Selain itu Pertamina juga menyiapkan 10 titik Serambi Pertamax yang dilengkapi dengan beragam fasilitas (pijat, games, wifi, dll) untuk pemudik yang ingin beristirahat.

    Namun untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Pertamina menghimbau beberapa hal sebagai berikut :

    1. Lakukan pengisian BBM penuh sebelum melakukan perjalanan jauh
    2. Lakukan pengisian ulang jika BBM sudah tinggal separuh
    3. Gunakan aplikasi Pertamina GO untuk mengetahui lokasi SPBU / Serambi Pertamax / KIOS Pertamax terdekat
    4. Hubungi 1-500-000 jika mengalami kendala atau membutuhkan informasi lainnya.