Larangan Operasional Truk Akan Berakhir, Pemudik Diminta Balik Lebih Awal

    MONITOR, Jakarta – waktu pembatasan larangan kendaraan truk masuk tol akan berakhir pada 29 Juni 2017. Untuk itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada para pemudik yang akan kembali ke Jakarta untuk pulang lebih awal. 

    Budi Karya menilai pemudik cenderung ingin kembali dari kampung halaman ke Jakarta pada tanggal 1 dan 2 Juli 2017 karena merupakan hari libur Sabtu dan Minggu. Budi khawatir hal itu akan menyebabkan terjadinya penumpukan kendaraan karena berbaur dengan truk.

    "Kita tahu bahwa masyarakat cenderung ingin kembali tanggal 1 atau 2 Juli. Tapi di tanggal itu semua kendaraan akan menumpuk, karena saat itu truk juga sudah beroperasi penuh," ujar Budi seusai video conference di kantor Korlantas, Jl MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (27/6/2017).

    Dari video conference-nya di lima posko terpadu arus mudik Lebaran, yakni Nagreg, Bakauheni, Cikopo, Gringsing, dan Mengkreng, Budi Karya memberikan beberapa catatan, termasuk titik-titik kemungkinan terjadinya kemacetan.

    "Tadi saya memberikan catatan-catatan bagi semua titik terpadu yang mungkin akan terjadi kemacetan. Satu yang berlaku umum, memang perlu dilakukannya suatu manajemen pembagian waktu dari arus balik, karena sudah libur lebih dari seminggu, kalau bisa pulangnya paling lama 29 Juni. Kalau 30 Juni pasti susah sekali dan macet," katanya.

    Dalam video conference itu, Budi didampingi oleh Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto dan Kabag Ops Korlantas Kombes Benjamin sebagai Kasatgas Ops Ramadniya. Hadir juga Kepala Analisis Evaluasi Kombes Joko Rudie dan Kaposko Ops Ramadniya Kombes Harry Sutrisman.