Inilah Pemerintah Daerah dengan Perencanaan Terbaik

    Monitor, Jakarta-Sebagai bentuk apresiasi, Menteri PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional juga memberikan penghargaan ‘Anurgerah Pangripta Nusantara Utama 2017’ kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang memiliki perencanaan terbaik.

    Terdapat tiga kategori dalam penghargaan itu. Pertama dari sisi penyusunan perencanaan pembangunan terbaik, inovasi terbaik dalam perencanaan dan kategori yang terakhir yaitu peningkatan tertinggi dalam penyusunan perencanaan.

    Adapun kategori dengan Perencanaan Terbaik dinilai dengan menggunakan 12 kriteria yang meliputi keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, keterukuran, inovasi kebijaka, proses perencanaan dari bawah (bottom up), proses perencanaan dari atas (top down),proses perencanaan teknokratik, proses perencanaan politik, inovasi proses dan program daerah, tampilan dan materi presentasi, serta kemampuan presentasi dan penguasaan materi. 

    Kategori Inovasi Terbaik dalam Perencanaan ditetapkan dengan kriteria yaitu inovasi kebijakan, dan inovasi proses dan program daerah.  Sementara itu, kategori Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan ditetapkan dengan kriteria, yakni secara konsisten nilainya naik selama tiga periode penilaian berturut-turut, nilai peningkatan total terbesar.

    Kategori Provinsi dimenangkan oleh   Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terbaik I, terbaik II Provinsi DKI Jakarta, terbaik III Provinsi Sumatera Selatan. Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kabupaten dengan Perencanaan Terbaik. Terbaik I  Kabupaten Tabanan, terbaik II Kabupaten Ende, terbaik III  Kabupaten Sigi.

    Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kota dengan Perencanaan Terbaik. Terbaik I Kota Batu, Terbaik IIKota Pekalonga, terbaik III Kota Tanjung Pinang. Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan disabet oleh DKI Jakarta. Pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Kabupaten/Kota dengan Inovasi Terbaik dalam Perencanaan yaitu Kabupaten Muara Enim. Sementara itu, pemenang Anugerah Pangripta Nusantara 2017 Kategori Provinsi dengan Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan adalah Provinsi Sulawesi Tengah.

    “Kami merencanakan untuk mengganti penamaan Anungrah Pangripta Nusantara menjadi Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD Terbaik tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota dan Penghargaan kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mengimplementasikan perencanaannya dengan baik,” kata Bambang di hadapan Presiden dan jajaran kabinetnya beserta Gubernur dan Bupati yang hadir dalam acara pembukaan Musrenbangnas 2017.

    Selanjutnya, untuk mendorong pemanfaatan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam pembangunan Infrastruktur dasar oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di masa mendatang Kementerian Perencanaan Pembangunan memberikan penghargaan khusus kepada Pemerintah Provinsi yang pertama kali berhasil dalam mengimplementasikan Skema KPBU dalam pembangunan infrastruktur di Provinsinya.