Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi di Pilgub Jabar

MONITOR, Jakarta – Lembaga Survei Indo Barometer merilis hasil survei terhadap elektabilitas calon Gubernur Jawa Barat. Nama Ridwan Kamil pun berada di posisi teratas dengan 38,1 persen.

Jumlah tersebut diperoleh dari pertanyaan ‘Seandainya Pemilihan Gubernur Provinsi Jawa Barat dilaksanakan hari ini, dari 4 calon berikut manakah yang B/I/S pilih sebagai Gubernur?’. Hasilnya, Ridwan Kamil unggul daru Deddy Mizwar.

“M Ridwan Kamil berada di posisi teratas dengan perolehan 38,1 persen. Sedangkan berada di bawahnya, Deddy Mizwar dengan 30,1 persen,” tulis hasil survei tersebut seperti yang diterima oleh MONITOR, Rabu (20/6).

Selanjutnya, dua calon lainnya, Sudrajat dan Hasanuddin berada jauh di bawahnya. Sudrajat mendapat suara sebesar 6,1 persen sedangkan Hasanuddin mendapat 4,9 persen.

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 7 sampai 13 Juni 2018 dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang yang berusia minimal 17 tahun atau lebih di 27 kabupaten/kota. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan dari survei tersebut sebesar 95 persen dan margin of error ±2.83 persen.

Berikut perolehan elektabilitas Calon Gubernur Jawa Barat berdasarkan hasil survei Indo Barometer:

Ridwan kamil 38,1 persen
Deddy mizwar 30,1 persen
Sudrajat 6,1 persen
Hasanuddin 4,9 persen
Tidak akan memilih 0,5 persen
Rahasia 5,3 persen
Belum memutuskan 12,1 persen
Tidak tahu/tidak jawab 2,9 persen