Ragam Tanggapan Permintaan Maaf Prabowo Soal Tampang Boyolali

Prabowo Subianto ditemani sang koordinator jubir tim pemenangan Dahnil Anzar mengutarakan permohonan maaf soal pidato 'Tampang Boyolali'

MONITOR – Pidato viral tampang Boyolali makin panas ‘digoreng’ para pendukung kubu petahana. Seketika, rakyat Boyolali menaruh rasa kebencian bahkan ikut mengecam statemen calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

Menanggapi situasi tersebut, kubu Prabowo-Sandi tak tinggal diam. Melalui laman instagram sang koordinator juru bicara pemenangan Dahnil Anzar Simanjuntak, Prabowo mengutarakan permintaan maafnya atas kesalahpahaman pidato tampang Boyolali. Prabowo menegaskan, dirinya sama sekali tidak memiliki niat negatif untuk mencela masyarakat Boyolali.

“Jadi, dan ya. Tapi kalau saya, maksud saya tidak negatif. Tapi kalau ada yang merasa tersinggung, ya saya minta maaf, maksud saya tidak seperti itu,” ucap Prabowo meminta maaf.

Eks Komandan Jenderal Kopassus ini menyatakan, statemen tersebut tak lebih dari sebuah candaan. Ia sesungguhnya ingin menjelaskan, bahwa kesenjangan dan ketimpangan ekonomi dalam negeri ini masih kental kerasa. Menurutnya, ungkapan itu ditunjukkannya sebagai bentuk empati dan solidaritas

“Dan maksudnya bukan menghina, justru empati. Jadi kalau saya bicara tampang, tampang di Boyolali, tampang Boyolali, kalau di Brebes tampang Brebes. Itu kan selorohnya dalam arti empati saya, solidaritas saya dengan orang,” terangnya.

“Saya tahu kondisi kalian, kan gitu. Saya justru, yang saya permasalahkan adalah ketidakadilan, kesenjangan, ketimpangan. Kan semua orang tahu di Indonesia ini makin lebar, makin tidak adil, yang menikmati kekayaan Indonesia kan hanya segelintir orang. Jadi maksud saya itu,” sambungnya.

Hujan pujian dari netizen

Meski sudah meminta maaf, pengguna media sosial pendukung Jokowi-Ma’ruf tetap tidak terima. Ada yang mempolisikan tindakan Prabowo karena dianggap telah menghina suatu unsur masyarakat.

Namun tak sedikit pula netizen yang masih mengidolakan sosok Prabowo. Mereka bahkan menganggap Ketua Umum Gerindra itu berjiwa ksatria karena memiliki nyali untuk meminta maaf kepada publik. Ya, Prabowo ‘dihujani’ pujian dari kalangan netizen, seperti berikut.

ipgope: jiwa bapak itu besar, tak salah pun bapak tetap minta maaf jarang politikus di Indonesia yang berani bilang minta maaf. selalu dalam lindungannya pak Prabowo.

keppy_damayanti: pak Prabowo sangat tawadlu rendah hati, ksatria sejati. semoga Allah selalu melindungi beliau dari orang-orang yag ada rasa dengki aamiin.

princesslike2415: semangat pak Prabowo.. selalu ingat pak ibarat nt semut diinjek bapak juga dipermasalahkan. bismillah pak. insyaallah presiden 2019.