7 Fakta Film The Nun yang Bikin Penasaran

MONITOR – Buat kamu pecinta film horor, pasti gak akan asing lagi dengan nama Valak. Sosok biarawati berwajah seram ini pertama menampakkan dirinya dalam film The Conjuring 2 tahun 2016.

Tangan dingin James Wan dalam membuat film horor memang gak perlu diragukan lagi. Film-film garapannya yang masuk dalam The Conjuring Universe menjadi bukti nyata keberhasilannya dalam menggarap film horor, salah satunya adalah The Conjuring.

Kehadiran Valak dalam The Conjuring 2 mengundang rasa penasaran penonton mengenai asal usulnya. Rasa penasaran penonton pun akan segera terjawab melalui film The Nun, yang merupakan spin-off The Conjuring 2.

Nah, sebelum nonton filmnya di bioskop. yuk, baca dulu nih beberapa ulasan mengenai fakta-fakta The Nun dan sedikit misteri Valak yang wajib kamu ketahui.

1. Latar Horor Klasik

Salah satu sub-genre film horor yang kini ramai ditampilkan dalam layar lebar adalah film horor klasik. Beberapa film horor Indonesia sudah menampilkan cerita horor dengan gaya klasik. Nah, The Nun pun memiliki setingan cerita klasik.

Apalagi tema cerita film menampilkan suasana tahun 1952 yang masih tradisional. Jika kamu melihat trailernya, film ini menampilkan suasana tempat yang benar-benar tua dan mengerikan.

2. Tanpa Pemeran Pengganti

Salah satu pemeran utama di film ini adalah Demián Bichir yang berperan sebagai pastor. Penampilan akting yang total pun dilalui oleh sang aktor, karena sutradara Corin Hardy memintanya sendiri. Salah satunya adalah ketika ia terjatuh ke dalam sebuah lubang yang sangat gelap.

Dalam adegan ini, Demian Bichir tampil tanpa menggunakan pemeran pengganti sama sekali. Seperti apa penampilannya? Jangan lupa nonton filmnya dan saksikan sendiri adegan yang satu ini.

3. Digarap Oleh Sutradara Ternama

Nama Corin Hardy sebagai sutradara nggak perlu diragukan, deretan film horor di bawah arahannya sukses membuat penonton merinding, salah satunya adalah The Hallow.Tak hanya keterlibatan Hardy, naskah film ini juga digarap oleh Dauberman yang juga penulis skenario film It. Bisa bayangin dong gimana seramnya film The Nun?

4. Iklan yang Mengejutkan

Fakta yang tidak bisa ditampik dari kengerian film ini adalah penampakan iklannya di media sharing YouTube. Ikklan yang hanya beberapa detik ini mampu membuat penonton terkejut karena penampilan sosok Valak.

Sayangnya, karena iklannya yang mengejutkan ini, film The Nun diprotes. Meskipun, video singkat di YouTube tersebut dihilangkan, namun tetap saja kegerian tersebut masih terbayang bagi para penonton yang sudah melihatnya.

5. Asal Usul Valak

Dalam film ini juga akan dijelaskan tentang asal-usul Valak. Apalagi, di dalam filmnya disebutkan sosok suster Irene, punya masa lalu yang terhubung dengan Valak.

Sebenarnya apa yang terjadi antara Valak dengan suster Irene? Jika memang film The Nun merupakan bagian dari prequel The Conjuring, berarti akan terlihat jelas, proses Valak muncul dari kehidupan di masa lalu hingga masa modern.

6. Lokasi Syuting di Benteng Tua Rumania

Ide menampilkan The Nun dalam sebuah film, sudah muncul ketika The Conjuring 2 dihadirkan. Apalagi, proses produksi sudah dimulai ketika film Annabelle: Creation ditayangkan pada tahun 2017 yang lalu. Nah, ide ini ditampilkan sesuai dengan cerita-cerita terkait sang Suster misterius.

Salah satunya adalah pengambilan gambar yang dilangsungkan di sebuah biara di Rumania. Sayangnya, proses tersebut berjalan tidak mulus. Pengambilan gambar tetap dilakukan di Rumania, namun di sebuah benteng tua milik markas militer Rumania.

7. Mengungkap misteri identitas dan kematian Valak

Cerita dalam film The Nun diawali dengan kedatangan seorang suster muda bernama Irene dari gereja Vatikan yang dikirim ke Romania. Kedatangannya di sana adalah untuk mencari tahu tentang sosok biarawati yang meninggal bunuh diri secara misterius pada bertahun-tahun sebelumnya. Konon sejak kecil, Suster Irene kerap mendapat penglihatan tentang biarawati tersebut.

Ditemani seorang pendeta, suster muda tersebut akhirnya memulai sebuah penyelidikan untuk mengungkap misteri kematian suster Valak.

Gimana penasaran gak, buat pemanasan sebelum nonton filmnya, mending liat trailernya dulu yuk.