Ternyata Ini, Waktu Makan Terbaik Setiap Hari

Ilustrasi waktu makan

MONITOR – Apakah Anda salah satu dari mereka yang tengah berusaha menurunkan atau menaikkan berat badan? Jika iya, ketahuilah bahwa mengontrol menu makanan setiap harinya saja tidak cukup untuk mencapai kedua hal tersebut.

Pasalnya, sebuah penelitian terbaru dari Harvard University, menunjukkan bahwa tidak peduli seberapa banyak Anda makan, atau mengontrol pola makan, jika waktu makan Anda tidak sesuai dengan ritme tubuh, maka kadar gula darah bisa saja naik hingga 18% lebih tinggi dari kondisi normal.

Artinya, ini tidak akan sehat untuk tubuh dan berat badan Anda. Lalu, kapan sih waktu makan terbaik dalam sehari?

Yuk, simak ulasan waktu makan terbaik lengkapnya berikut ini!

Sarapan

Ibu Anda selalu bilang, jangan lupa sarapan. Ini sama sekali tidak salah, sarapan memang penting untuk menjaga energi Anda hingga siang hari.

Selain itu, sebuah penelitian pada tahun 2015 menyebutkan pula bahwa mengonsumsi sarapan dengan protein tinggi dapat mengurangi pertambahan lemak tubuh sekaligus mencegah Anda cepat merasa lapar sepanjang hari. Artinya, kebutuhan Anda untu mengemil akan berkurang.

Studi ini juga menyarankan wwaktu makan terbaik untuk sarapan adalah di antara jam 6 pagi hingga jam 9.45 pagi.

Sejalan dengan hal ini, Jim White, seorang juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics juga menyarankan Anda untuk sarapan setidaknya dalam waktu satu jam setelah bangun.

Jadi, jika Anda terbiasa bangun jam 6 atau 7 pagi, maka yang paling ideal adalah sarapan di jam 7 dan 8 pagi.

Jangan menunda sarapan hingga lewat pukul 10 pagi, sebab hal ini dapat memengaruhi waktu makan Anda selanjutnya.

Makan siang

Waktu makan terbaik dan paling ideal untuk makan siang adalah pukul 12.45 siang, atau sekitar 4 jam dari waktu sarapan Anda.

Jika Anda menjalani sarapan pukul 9 pagi, Anda bisa menunda makan siang hingga jam 1 siang, dan masih bisa disebut ideal. Jangan menunda makan siang hingga lebih dari jam 4 sore, sebab hal ini bisa membuat Anda lemas dan mengurangi konsentrasi saat bekerja.

Usahakan menu makan siang Anda kaya akan serat dan protein, serta karbohidrat yang diperlukan untuk mengisi energi hingga malam hari.

Anda bisa mengonsumsi salad atau sayur, dengan porsi nasi secukupnya, dan lauk daging atau telur. Hindari mengonsumsi karbohidrat (nasi) terlalu banyak, dan makan terlalu kenyang untuk mencegah rasa kantuk, ya!

Makan malam

Waktu makan terbaik di malam hari memiliki aturan yang lebih ketat dibandingkan kedua waktu makan lainnya. Anda disarankan untuk tidak makan malam lebih dari jam 8 malam. Waktu makan terbaik dan paling ideal di malam hari adalah antara jam 6 sore hingga jam 8 malam.

Meski begitu, jika Anda telat makan siang (pukul 3 sore), Anda bisa menunda makan malam hingga jam 9 malam, dan harus diingat bahwa Anda tidak boleh menundanya hingga di atas jam 9 malam. Jagalah agar waktu makan malam dan waktu tidur Anda berjarak 3 jam. Anda tidak disarankan makan banyak di malam hari, karenanya konsumsilah porsi yang lebih kecil dibandingkan waktu sarapan dan makan siang.

Waktu camilan

Sebenarnya, jika Anda menjalani sarapan hingga makan malam dengan porsi yang tepat, kebiasaan mengemil di sela-sela waktu makan akan berkurang dengan sendirinya.

Namun, jika hasrat itu masih ada, jangan lupa untuk menjaga waktu camilan berjarak 2 jam sekali.

Konsumsilah pula camilan sehat, seperti buah, kue rendah-kalori, kue gandum atau kue oat, dan lainnya.

Selain itu, jangan mengemil di atas jam 10 malam, karena bisa memicu masalah kesehatan dan obesitas.

Nah, itu dia waktu makan terbaik untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika Anda menjaga pola makan di waktu yang sama setiap harinya, niscaya Anda akan lebih cepat mencapai berat badan yang didambakan. Semoga bermanfaat!