Mengenal Almarhum Stan Lee, Bapaknya Superhero ‘Marvel’

Pencipta karakter kartun superhero fenomenal 'Marvel' Stan Lee

MONITOR – Kabar duka tengah melanda industri perfilman Hollywood. Sang legenda pencipta kartun superhero Marvel, Stan Lee, menghembuskan nafas terakhir di usianya yang ke-95 tahun. Para penggemar kartun Marvel tentu tak asing lagi ketika mendengar nama Stan Lee.

Stan Lee meninggal pada Senin (12/11/2018) pagi di Cedar-Sinai Medical Center, Los Angeles. Ia disebut-sebut tengah berjuang melawan penyakit yang dideritanya yaitu pneumonia.

Berikut ini MONITOR ulas tentang sosok Stan Lee, bapaknya para superhero:

Stan Lee lahir di New York City pada 28 Desember 1922 silam. Sosoknya cukup fenomenal, lantaran semasa hidupnya telah menelurkan sejumlah karakter tokoh kartun yang digemari anak-anak hingga orang dewasa mulai dari Captain Amerika, Spiderman, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-men dan banyak karakter fiksi lainnya.

Stan Lee berjasa membawa era baru kisah superhero, yang kemudian memiliki pengaruh besar atas bisnis film. Di mata putrinya, JC. Lee, Stan Lee adalah profesional yang sangat mencintai hidup dan pekerjaannya.

Semasa awal meniti karir, ia memulainya di dunia komik pada tahun 1939 pada usia 17. Kala itu, ia dipercaya menjadi asisten di Timely Comics, yang selanjutnya berevolusi menjadi Marvel Comics.

Di tahun 1941, ia diangkat sebagai editor majalah lalu memegang posisi tersebut hingga tahun 1972, ketika ia menjadi penerbit.

Stan Lee dilantik ke dalam industri buku komik Will Eisnet Award Hall of Fame pada tahun 1994 dan Jack Kirby Hall of Hall of Fame pada tahun 1995. Ia juga tercatat menerima National Medal of Arts pada tahun 2008.