“Kodak” Fotografi yang Mendunia dan Ilmuwan Full Time

Pendiri Kodak, George Eastman
Pendiri Kodak, George Eastman (dceverestart.weebly.com)

MONITOR – Siapa yang tak kenal Kodak, sebuah merek dagang yang disusun berdasarkan huruf-huruf kesukaan pendirinya, George Eastman tersebut pertama kali didaftarkan sebagai merek dagang pada 4 September 1888 hingga berkembang menjadi perusahaan yang membawa konsep penyederhanaan fotografi untuk semua kalangan, tak hanya fotografer terlatih.

Dilansir George Eastman: The History of Kodak and Rolled Photographic Film, 1888 menjadi tahun dimana Kodak pertama kali memasuki pasar, ditandai dengan lahirnya kamera Kodak pertama yang cukup untuk 100 eksposur. Sebuah terobosan besar di masa itu, dimana kamera Kodak tersebut dapat dibawa dengan mudah dalam genggaman dalam pengoprasiannya.

Sebuah iklan kamera Kodak.
Sebuah iklan kamera Kodak.

Tak hanya membawa terobosan besar di dunia fotografi, George Eastman kala itu menjadi salah satu pelaku industri Amerika yang pertama kali mempekerjakan ilmuwan riset secara penuh waktu. Bersama dengan rekannya, Eastman menyempurnakan penemuan film roll yang ia kembangkan sejak 1883 itu, hingga melahirkan kamera film Thomas Edison di tahun 1891.