Cekoslovakia ‘Negara Boneka’ itu Akhirnya Terpecah

Negara Cekoslovakia adalah negara yang cukup makmur di Eropa

MONITOR – Cekoslovakia adalah negara kecil nan sangat makmur. Negara yang beribukota di Praha ini dikenal cukup berdaulat dari aspek manapun. Namun kejayaan ini tak mampu lagi dipertahankan, lantaran Cekoslavia mengalami rongrongan untuk melakukan pemecahan. Ya, kini wujud Cekoslavia tidaklah ada, tetapi sudah terpecah menjadi Republik Ceko yang kita kenal, dan negara Slovakia.

Sepanjang terjadinya Perang Dunia I, Cekoslovakia adalah korban dari negara-negara adidaya yang berperang. Pada masa perang dingin ini, Cekoslovakia kerap mendapat pengaruh dari komunis. Cekoslovakia pun menjelma jadi gudangnya senjata karena produksi senjatanya sangat luar biasa.

Kondisi ini berlanjut hingga memasuki Perang Dunia ke-2. Cekoslovakia tetap menjadi ‘negara boneka’ di bawah pengaruh Jerman. Cukup tragis, Jerman menjadikan Cekoslovakia bersama Polandia sebagai negara tempat penyimpanan senjata untuk mengalahkan musuhnya Rusia.

Di era komunis, Cekoslovakia awalnya masih mampu mempertahankan statusnya sebagai salah satu negara industri maju Eropa. Namun perlahan-lahan sistem ekonomi dan industrinya meredup dan tertinggal. Singkatnya, sejak dekade 1960-an, Cekoslovakia kerap dilanda kelangkaan bhan bakar, kemudian komoditas hasil produksi pabriknya berkualitas rendah, kelemahan pun terjadi di sektor pertanian.

Setelah Perang Dunia II selesai, Cekoslovakia menjadi negara bebas yang mendapat pengaruh dari Rusia dalam pemerintahannya. Namun, setelah Perang dingin usai Cekoslovakia merubah pemerintahannya menjadi sebuah pemerintahan yang berbentuk Republik. Fenomena inilah yang kemudian melatarbelakangi masyarakat untuk menuntut sekaligus mendesak Cekoslovakia segera melakukan reformasi.

Puluhan tahun berdiri, rezim komunis Ceko akhirnya menemui ajalnya pada tahun 1989. Ini ditandai dengan tumbangnya rezim-rezim komunis di Eropa Timur menyusul berubahnya kebijakan luar negeri Uni Soviet.

Pada tanggal 13 November 1992 Majelis Federasi mengesahkan Undang-Undang Konstitusi 541 yang menetapkan pembagian aset negara untuk Ceko dan Slovakia. Pembagian ini juga meliputi atas pembagian luas wilayah atau tanah negara. Pembagian wilayah ditetapkan dengan Rasio 2:1 atas kepemilikan Ceko dan Slovakia. Rasio pembagian ini didasarkan atas perkiraan rasio populasi antara Ceko dan Slovakia.