Ribuan Pekerja Pertamina Berbagi Pengetahuan Bersama Murid Sekolah Dasar

Keceriaan para murid bersama relawan di Pertamina Energi Negeri di SDN Kembangsari 02 Semarang

MONITOR, Semarang – Ribuan pekerja Pertamina kembali menyebarkan semangat positif bagi anak-anak Sekolah Dasar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selama satu hari, para pekerja meluangkan waktu untuk berpartisipasi dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan sebagai wujud konkrit keterlibatan pekerja dalam kegiatan sosial.

Unit Manager Comm & CSR MOR IV, Andar Titi Lestari menjelaskan bahwa kegiatan sukarela ini diinisiasi oleh pekerja-pekerja muda Pertamina yang tergabung dalam Culture Change Agent.

Mereka yang terlibat dalam kegiatan meliputi relawan pengajar, dokumentasi dan fasilitator tidak hanya meluangkan waktu satu hari untuk berkegiatan sosial, namun juga secara mandiri menyiapkan rencana kegiatan mengajar, perlengkapan dan biaya yang mungkin timbul dari kegiatan tersebut.

Semarang menjadi satu dari tujuh belas lokasi yang menjadi tempat penyelenggaraan PEN. Sekolah Dasar yang dipilih menjadi lokasi mengajar di Semarang adalah SDN Tambak Rejo 03, SDN Tambakrejo 02, MI Al Islamiyah, SDN Kalibanteng Kulon, SDN Kembangsari 01, SDN Kembangsari 02 dan SDN Kuningan 01.

“Sekolah-sekolah ini dipilih karena lokasinya yang berdekatan dengan area operasional kami yaitu TBBM Semarang Group, kantor MOR IV, Depot LPG Tanjung Mas dan DPPU Ahmad Yani,” jelas Andar.

Pada kesempatan yang sama, Perusahaan melalui Program Bina Lingkungan juga turut memberikan bantuan renovasi dan beberapa sarana belajar di Sekolah.

“Melihat semangat belajar para murid disini meskipun dengan keterbatasan fasilitas, membuat perusahaan tergerak untuk ikut mendukung semangat mereka mengejar cita-cita dengan memberikan bantuan penunjang belajar mereka. Semoga bantuan ini dapat menambah semangat mereka untuk menuntut ilmu,” ujar Yanuar Budi Hartanto.

Kegiatan mengajar ini merupakan tahun ke tiga yang dikemas melalui program Pertamina Energi Negeri (PEN), dengan melibatkan 1.435 pekerja dari Kantor Pusat, Unit Operasi dan Anak perusahaan dari berbagai tingkat jabatan.

Para relawan akan mengajar, mendokumentasikan seluruh kegiatan yang berlangsung secara serentak di 17 lokasi, yakni di Aceh, Medan, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Prabumulih, Plaju, Jakarta, Balongan (Indramayu), Cilacap, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Tanjung, Makassar, Jayapura dan Kasim. Adapun total sekolah yang dijangkau sebanyak 63 Sekolah Dasar yang berda di sekitar wilayah Operasi Pertamina.

Pertamina Energi Negeri tahun ini mengambil tema Menyatukan Energi Mendukung Literasi, sebagai bentuk kontribusi langsung kepada masyarakat untuk berbagai pengetahuan khususnya membaca, menjelang Hari Literasi lnternasional. Para pengajar juga akan menanamkan nilai-nilai budi pekerti, dan materi lain yang disampaikan dengan cara menarik dan menyenangkan.