Pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung Diharapkan Jadi Agrowisata

Warga binaan Rumah Tahanan Rangkasbitung saat menjalani asimilasi di Pondok Asimilasi (Foto: Istimewa)

MONITOR, Rangkasbitung – Bank Indonesia (BI) Wilayah Provinsi Banten memberikan bantuan bibit tanaman untuk perkebunan yang merupakan lahan Pondok Asimilasi (Open Camp) Rumah Tahanan Negara Klas IIB Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Bibit itu berupa tanaman wijen dan bunga matahari.

Bibit yang diserahkan langsung oleh salah  satu Manager BI, Irham menyerahkan diterima langsung oleh petugas pembina pondok asimilasi (Open Camp).

Aktivitas warga binaan rutan Rangkasbitung di Pondok Asimilasi (Foto: Istimewa)

“Saat ini di Pondok Asimmilasi kami sudah melihat keberlangsungan dan adanya siklus budidaya yang baik disini, kami melihat ada sekitar ribuan tanaman cabai dan tomat serta tanaman lainnya, sebagai dukungan kami berikan bibit tanaman bunga matahari dan wijen. Tanaman bunga matahari dan wijen nanti akan sangat banyak manfaatnya, apalagi Pondok Asimilasi ini memiliki lahan yang luas, tentu ini akan jadi potensi,”ujar Irham di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Kamis (6/9).

Kepala Kantor BI Provinsi Banten, Rahmat Hernowo mengamini apa yang disampaikan bawahannya, bahkan menurutnya bukan tidak mungkin pondok Asimilasi ini akan jadi Agro Wisata seperti cluster taman bunga yang sedang berkembang dan viral saat ini.

“Luas lahan tentu jadi potensi sekaligus tantangan, apakah bisa dikembangkan dan dimanfaatkan apa tidak, tinggal kemauan dan semangat, insyallah kami dan tim akan mendukung. Semoga pemberian bunga matahari dan wijen ini menjadi tumpang sari yang akan memperindah Pondok Asimilasi Rutan Rangkasbitung ini dan bisa menjadi agro wisata kedepannya,” harap Rahmat.