Pertamina Tetap Suplai Solar Bersubsidi di Kabupaten Sragen

Ilustrasi Pertamina (Foto: dok eksplorasi.id)

MONITOR, Sragen – PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV menjamin pasokan solar bersubsidi di Kab. Sragen tetap aman dan sesuai dengan kebutuhan rata-rata normal konsumen di SPBU.

Unit Manager Comm & CSR MOR IV, Andar Titi Lestari,mengungkapkan bahwa Pertamina kemarin (20/8) telah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Pertaninan di Kab. Sragen guna memetakan kebutuhan Petani sesuai dengan Perpres 191 tahun 2014 dan Surat Rekomendasi bagi para Petani.

Andar mengakui bahwa saat ini realisasi penggunaan solar bersubisdi di Sragen sudah melebihi kuota per Juli lalu, namun Pertamina memastikan tidak melakukan pengurangan suplai solar. Pertamina bersama Pemda Sragen akan melakukan monitoring untuk memastikan penyaluran solar bersubsidi tepat sasaran.

Mengenai mekanisme pembelian solar bersubisidi bagi Petani, pembelian akan dilakukan bila Petani membawa surat rekomendasi dari kepala desa [kades] atau pejabat terkait.

“Tujuan aturan Surat tersebut untuk memastikan solar bersubsisi benar-benar tepat sasaran dan yang beli solar bersubsidi benar-benar petani sesuai rekomendasi yang tertulis.” Jelas Andar, Selasa (21/8)

Upaya Pengendalian Penyaluran Solar Bersubsidi tepat sasaran lainnya yaitu, Disperindag Kab Sragen juga akan menghitung volume kebutuhan solar bersubsidi bagi petani. Data volume kebutuhan petani tersebut nantinya dijadikan dasar bagi Pertamina untuk menyuplai solar bersubsidi di titik-titik SPBU yang dekat dengan sentral-sentral pertanian