Pertamina Salurkan CSR Rp 3,4 M untuk Bangkitkan Energi di Tanah Papua

Menteri BUMN Rini Soemarno dan Plt. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, bersama perwakilan BUMN lain menyerahkan bantuan BUMN Hadir Untuk Negeri

MONITOR, Jakarta – Dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan Ke-73 RI dan Asian Games 2018, PT Pertamina (Persero) menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) di Papua sebesar Rp 3,4 miliar.

Selain perhatian terhadap kesejahteraan masyarakat, perseroan juga menggelar Pesta Rakyat yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola, Lantamal TNI AL, Jayapura, Papua, Sabtu (25/8).

Bantuan CSR antara lain dialokasikan untuk kebutuhan sarana MCK di wilayah perbatasan, renovasi ruang kelas dan rumah ibadah di Timika, serta pembangunan posyandu. Selain itu, bantuan speed boat ambulance untuk Kabupaten Asmat, serta dukungan pada program Pertamina Sehati (Sehat Ibu dan Anak Tercinta).

Gelaran Pesta Rakyat dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Plt. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Mulai dari Jalan Sehat, Kuliner Kaki 5 Gratis, Lomba Permainan Rakyat, Lomba Mewarnai, Pameran UKM Binaan Pertamina, Sembako Murah, Pemeriksaan Kesehatan Gratis (Pertamina Sehati), Nonton Bareng (Nobar) Film Anak serta Lomba Memasak Nasi Kemerdekaan bersama Bright Gas.

Vice President Corporate Communication, Adiatma Sardjito, menyatakan Pesta Rakyat ala Pertamina yang digelar dalam rangkaian HUT RI BUMN Hadir untuk negeri ini, merupakan agenda tahunan dimana kali ini bertujuan untuk menularkan semangat Kinerja dan Prestasi Bangsa dalam rangka HUT Kemerdekaan Ke-73 RI dan Kegiatan Asian Games 2018 ke tanah Papua.

“Pertamina tumbuh dan hadir bersama rakyat, karena itu Pesta Rakyat ini bagian dari membangun semangat kebersamaan, memompa energi Kemerdekaan dan Asian Games 2018, menyatu menjadi satu dalam gelaran Pesta Rakyat,” ujar Adiatma.

Dipilihnya Jayapura, Papua sebagai tempat Pesta Rakyat, lanjut Adiatma, merupakan wujud komitmen Pertamina memajukan wilayah Timur Indonesia.

“Pertamina saat ini sedang membangun berbagai infrastruktur BBM dan LPG yang diprioritaskan di wilayah Timur Indonesia. Dalam 3 – 4 tahun mendatang berbagai infrastruktur tersebut insya Allah akan selesai, sehingga akan mewujudkan keadilan energi bagi saudara-saudara kita di wilayah Maluku, Nusa Tenggara dan Papua. Selama ini sudah dirintis Program BBM Satu Harga, sehingga harga BBM bisa sama dengan di Pulau Jawa,” imbuh Adiatma.

Pesta Rakyat ala Pertamina dimulai pada pukul 05.00 WIT dengan Senam Poco-Poco dan Jalan Sehat 5 Km yang diikuti 3.000 orang dengan rute Pantai Hamadi, Jayapura. Peserta Jalan Sehat juga sekaligus melakukan kegiatan bersih pantai (Coastal Clean Up).

Para peserta juga dibagikan air mineral oleh Mascot Asian Games 2018 yakni Bhin-Bhin, Atung dan Kaka. Para peserta sekaligus bisa melakukan photo selfie dan mempostingnya di akun sosial media dengan mentag akun Instagram @pertamina.

Pertamina menyediakan doorprize berupa motor dan sepeda bagi peserta jalan sehat yang beruntung, dengan menukarkan kupon doorprize di panggung utama.

Gelaran Pesta Rakyat dihibur penyanyi asal Papua, Ochy Marisa, LMP Band (TOP 40) serta Anker Dance School yang dipandu pembawa acara Wido dan Grace.

Untuk memeriahkan Pesta Rakyat tersebut, Pertamina juga memberikan 1.000 paket sembako murah senilai Rp 150.000, yang cukup dibeli dengan harga Rp 25.000 per paket oleh masyarakat yang hadir.

“Semoga rangkaian Pesta Rakyat ini, menjadi energi yang membangkitkan semangat kebersamaan, solidaritas dan sportivitas untuk sama-sama memajukan Papua,” pungkas Adiatma.