Pertamina Bersihkan Pantai Nyamplung Ragas Bersama Warga

MONITOR , Karimun Jawa – Gelombang Tinggi di sekitar pantai Karimun Jawa selalu menyisakan masalah sampah di sepanjang pantai Karimun Jawa. Sampah-sampah di karimun jawa ini akan bertambah banyak saat puncak musim wisatawan berdatangan. PT. Pertamina (Persero) MOR IV area Jateng dan DIY menggandeng HDI Foundation berupaya untuk melestarikan ekosistem di Karimun Jawa dengan melakukan gerakan World Clean Up Day di Pantai Nyampung Ragas, Karimun Jawa pada tanggal 15 September 2018.
World Clean Up Day merupakan gerakan global yang menghubungkan orang-orang dan organisasi di seluruh dunia dengan tujuan membuat planet bersih dari sampah. Gerakan ini menjadi aksi bersih-bersih pertama terbesar di dunia. Dilaksanakan pada 15 September 2018 secara serentak, 150 negara ikut berpartisipasi dalam aksi ini dengan melibatkan sekitar 10 persen atau lebih dari 350 juta penduduk terlibat dalam aksi ini.
Dibuka oleh Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi mengatakan bahwa pemerintah daerah mendukung keterlibatan perusahaan seperti pertamina yang peduli terhadap kelestarian lingkungan ditengah maraknya industri parawisata di pulau Karimun Jawa.
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan General Manager MOR IV Yanuar Budi Hartanto sedang menimbang hasil sampah yang sudah dikumpulkan di pantai Nyamplung Ragas, kegiatan bersih pantai ini merupakan puncak dari acara World Cleanup Day 2018 yang diselenggarakan MOR IV Pertamina (15/9)
“Pada Kegiatan ini, kami tidak hanya mengajak warga dan pemerintah daerah untuk membersihkan pantai, tapi juga mengajak pekerja muda sebagai bentuk employee volunterism di lingkungan Pertamina MOR IV, diharapkan dengan keterlibatan ini dapat meningkatkan engagement antar pekerja dan menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial di setiap individu” ungkap General Manager Pertamina MOR IV, Yanuar Budi Hartanto.
Selain kegiatan bersih-bersih pantai, Pertamina pada hari sebelumnya juga mengadakan acara sosialisasi pengelolaan sampah di SMK 1 Karimun Jawa yang dihadiri oleh 115 warga karimun jawa dengan sebagai narasumber adalah dinas lingkungan hidup Jepara, aktivis lingkungan dan Tim dari CSR Pertamina.