Pengamat: Sikap Yohanes dan Hanifan Harus Ditiru

Pengamat Politik dan juga Direktur Emrus Corner Emrus Sihombing (net)

MONITOR, Jakarta – Direktur Eksekutif Lembaga Emrus Corner, Emrus Sihombing, mengungkapkan banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkan rasa semangat dan kepedulian kepada bangsa dan negara.

Seperti halnya Yohanes Ande Kala, yang spontan dan tulus memanjat tiang bendra untuk meyambung tali Bendera Merah Putih yang putus pada saat upacara bendera.

Selain itu, Ada juga Hanifan Yudani Kusuma, atlet pencak silat Indonesia, yang spontan dan tulus merangkul dua tokoh bangsa kita, Jokowi dan Prabowo dalam balutan Bendera Merah Putih.

Menurut Emrus, sikap yang telah dilakukan oleh kedua putra bangsa tersebut menunjukkan bentuk keteladanan yang patut dicontoh oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Sangat bisa menjadi role model bagi kita semua dalam berbangsa dan bernegara,” ujar Emrus kepada MONITOR, Jakarta, Kamis (30/8).

Lebih dari itu, ia menyarankan agar para politisi tanah air bisa meniru dan menjadikan sikap kedua putra bangsa itu menjadi contoh ketimbang terus menggemborkan kebencian di tengah masyarakat.

“Utamanya bagi politisi kita yang acapkali melontarkan komunikasi politik yang menimbulkan polarisasi di tengah masyarakat, yang pada akhirnya berpotensi menimbulkan gesekan sosial di tingkat akar-rumput,” imbuhnya.

Ia berharap, para politisi pada Pilpres dan Pileg 2019 sejatinya lebih dahulu bercermin kepada perilaku yang sangat baik dari dua sosok generasi muda Indonesia itu sebelum menyampaikan pesan komunikasi politik ke ruang publik.