Pendaftaran CPNS 2018 Segera Dibuka, Catat Tanggalnya!

Ilustrasi CPNS (Foto: Dok Okezone)

MONITOR, Jakarta – Pemerintah resmi menetapkan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Rencananya, pendaftaran penerimaan abdi negara ini dibuka pada 16-20 September 2018.

Hal itu diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB), Syafruddin di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

“Rekrutmen ini sudah rencana sedemikian rupa untuk merekrut CPNS di 2018. Tujuannya dalam rangka untuk menghasilkan sumber daya manusia aparatur yang lebih berkualitas. Dalam rangka wujudkan birokrasi yang berkelas dunia di 2024,” jelas dia.

Saat ini, katanya, pemerintah masih melakukan rapat koordinasi untuk mematangkan persiapan rekrutmen atau seleksi ini.

“Estimasi kita akan dibuka sekitar tanggal 16-20 September ini,” tuturnya.

Pembukaan lowongan CPNS ini beberapa kali tertunda. Rencana pembukaan lowongan CPNS sebelumnya diperkirakan pada akhir Mei 2018. Kemudian berubah menjadi setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018, hingga pada akhirnya ditetapkan bulan ini.

Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 akan menghadirkan 238.015 lowongan untuk instansi pusat dan daerah. Para peminat harus melalui beragam seleksi untuk diterima.

Di antaranya akan ada tes intelegensi dalam rangkaian proses seleksi. Yang tidak kalah penting adalah kehadiran Tes Karakteristik Pribadi (TKP) di bawah naungan Seleksi Kompetensi Dasar. Dalam tes tersebut, terdapat 16 hal dari karakter peserta seleksi yang akan dinilai.

Seperti diketahui, pendaftaran CPNS tahun ini menggunakan sistem terintegrasi melalui satu pintu yaitu sscn.bkn.go.id pengumuman CPNS di Bkn.go.id dan Menpan.go.id