Pelantikan Ribuan Anggota Bawaslu Pecahkan Rekor MURI

Bawaslu RI melantik ribuan anggota Bawaslu secara serentak (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melantik sebanyak 1.914 anggota baru di tingkat Kab/Kota seluruh Indonesia, Rabu (15/8). Pelantikan ini tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI), dengan kategori pelantikan pejabat publik terbanyak.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, dilantiknya ribuan anggota baru tersebut dapat memberi tambahan kekuatan dan pengawasan saat pemilu berlangsung. Tak hanya itu, ia juga mengklaim bahwa ribuan anggota tersebut siap mendedikasikan dirinya untuk mengawasi pemilu.

“Kekuatan pengawas semakin besar. Di kabupaten/kota terdapat 1.914 jajaran anggota yang siap mendedikasikan diri untuk pemilu yang lebih baik,” kata Abhan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (15/8).

Abhan mengungkapkan proses seleksi ribuan komisioner itu telah dilakukan sejak bulan Juni 2018 lalu hingga awal Agustus 2018 ini. Kata dia, sejumlah rangkaian tahapan seleksi antar peserta persaingannya pun cukup ketat.

“Persaingan peserta sangat ketat karena memang Bawaslu mencari orang-orang yang memiliki kemampuan dan kemauan yang tinggi dalam pemilu,” ungkapnya.

Adapun, sejumlah pejabat pemerintahan yang hadir dalam pelantikan tersebut hadir seperti Mendagri Tjahyo Kumolo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan Ketua KPU RI Arief Budiman.