Strategi Pelatih Jaga Persaingan Sehat di Skuat Persija

MONITOR, Gianyar – Persaingan antar pemain dalam sebuah tim Sepakbola merupakan sesuatu yang biasa terjadi, namun seringkali persaingan baik didalam maupun diluar lapangan seringkali menjadi rentan berimbas kepada kekompakan tim, terlebih jika persaingan terjadi tidak secara seta atau fair. 

Sadar akan pentingnya menerapkan budaya persaingan yang sehat, Pelatih Persija, Stefano Cugurra atau yang akraba disapa Teco ternyata memiliki strategi khusus. Salah satunya dengan tidak menerapkan adanya pemain cadangan di dalam tim. Semua pemain diperlakukan sama oleh pelatih asal Brasil itu.

Dengan strategi tersebut, Teco berharap dengan bisa membangun budaya bersaing secara sehat untuk memacu para pemain di setiap latihan maupun ketika mendapat kesempatan bermain.

"Saya menerapkan persaingan yang adil di dalam tim. Siapa yang siap, dia yang akan turun bermain menjadi starter," kata Teco dikutip dari laman liga-indonesia.id.

Budaya bersaing secara sehat itu juga diterapkan dalam menyusun komposisi pemain Persija di Grup D Piala Presiden 2018. Hasilnya Persija mampu mengalahkan PSPS di laga pertama, pekan kemarin.

Pada laga berikutnya melawan Borneo FC, Rabu mendatang, Teco juga kembali akan memilih pemain berdasarkan rekam jejak dalam latihan. Baik pemain senior atau pemain muda, sama-sama punya kesempatan untuk menjadi starter.

"Semua pemain juga sudah sepakat, setiap pertandingan adalah final buat Persija. Jadi para pemain tidak ragu mengeluarkan kemampuan terbaik," kata Teco.