Liga Santri Segera Bergulir di Sumut

Liga Santri Nusantara akan segera bergulir di Sumut (dok: istimewa)

MONITOR, Medan – Liga Santri Nusantara (LSN) Regional Sumatera III segera bergulir di Sumatera Utara. Kompetisi sepak bola antar santri nantinya akan dibuka langsung Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI- NU) Pusat sekaligus CEO LSN 2018, KH Abdul Ghofarrozin (Gus Rozin).

Hal ini disampikan Penangungjawab LSN Sumatera III Drs Ance didampingi Koordinator Regional (Koreg) Sumatera III, Kali Ahmad Harahap, Ketua Panitia Alihot Ucok Sinaga pada wartawan setibanya di Bandara Kualanmu, Senin (16/7).

Untuk Kick off secara resmi LSN Regional Sumatera III, direncanakan pada tanggal 24-26 Agustus 2018 di Ponpes Al-Mukhtaria Sungai Dua Padang Lawas Utara.

“Keinginan kami beliau membuka LSN secara resmi di Sumut, karena saat ini Gus Rozin juga sebagai Staf Khusus Kepresidenan RI Bapak Joko Widodo, membidangi keagamaan dalam negeri. Dan sangat pas apa lagi saat ini pesanteran sangat banyak di Sumut,” sebutnya.

Koreg LSN Sumatera III Kali Ahmad Harahap, mengaku sejauh ini persiapan sudah hampir rampung dalam kompetisi tersebut. Menurutnya sejauh ini peserta yang ikut sudah sebanyak 46 klub dari Pesantren se Sumut.

”Sebenarnya sesuai dengan aturan panitia nasional kuota hanya 32 klub pesantren se Sumut, tetapi karena pertimbangan maka diikutkan 46 pesantren,” bebernya.

Pelaksanaan kali ini, sistem Sub Region. Diamana kepanitiaan membagi sebanyak empat (4) Sub Regioan, tujuannya untuk mengefektifkan serta mempermudah pertandingan. Sub Region terlebih dahulu melakukan kompetisi sebelum berlaga di acara puncak tanggal 24-26 Agustus 2018 di Paluta.

Masing-masing Sub Region Medan- Deliserdang, direncanakan mulai bergulir sejak tanggal 5-10 Agustus 2018 di Stadion Mini Pemprovsu Jalan Pancing Medan, Sub Regioan II Mandailing Natal bergulir tanggal 19-22 Agusuts 2018 di Mandailing Natal. Sub Region III, Kab.Palas, Paluta, Labusel bergulir 19-22 Agustus 2018 di Stadion Ponpes Al-mukhtaria Sungai Dua. Sub Region IV Asahan, Tanjung Balai bergulir 19-22 Agustus 2018 di Asahan.

Pertandingan puncak antara pemenang Sub Region untuk memperebutkan tiket ke Seri Nasional yang digelar di Solo Jawa Tegah akan bertanding pada tanggal 24-26 Agustus 2018 di Ponpes Al-Mukhtariah Sungai Dua Paluta.

LSN 2018 kali ini diharapkan menjadi ajang mencari bakat dikalangan santri. Apalagi tema LSN tahun 2018 kali ini “Dari Santri untuk Sepak Bola Indonesia”.

Ketua Panitia Alihot Ucok Sinaga mengaku sejauh ini persiapan sudah hampir rampung tinggal mengkordinasikannya saja, termasuk peserta, izin serta surat menyurat dan berbagai hal lainnya.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia