Kilas Balik Marquez dan Dovizioso Menuju Seri Valencia

MONITOR, Valencia – Persaingan Marc Marquez dan Andrea Dovizioso dalam gelaran MotoGP 2017 semakin menarik banyak pihak. Dimana sang juara di antara keduanya akan ditentukan dalam seri Valencia yang akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (12/11) malam WIB.

Sejatinya, dua pembalap pengisi klasemen papan atas ini sangat berbeda. Sehingga sorotan para GP mania akan juara MotoGP 2017 semakin menarik.

Di satu sisi ada Marc, dinilai sebagai fenomena anak muda yang datang ke MotoGP dengan talenta yang menjanjikan dan langsung terbukti menjadi salah satu bintang.

Di usianya yang menginjak 24 tahun, Marc telah mengemas 5 gelar juara dunia di seluruh kelas tempat ia berkompetisi.

Di sisi lain adalah Andrea, seorang juara baru berusia 30 tahun asal tim Ducati. Andrea kembali ke puncak klasemen dengan upaya kerasnya, setelah beberapa tahun diterpa kekecewaan dan ketidakpuasan hasil pertandingan.

Namun, di musim 2017 ini Andrea meledak dan meenjawan kritikan yang selama ini ditujukan kepadanya. Andrea membuktikan bahwa pikiran yang terlatih dengan baik berhasil membawanya ke papan kedua pemimpin klasemen.

Sperti dikutip dari situs remsi MotoGP, keduanya akan datang ke Valencia untuk pertarungan terakhirnya dlam merebutkan juara MotoGP musim 2017. 

Saat ini, The Baby Alien -julukan Marquez- menempati puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 282 poin. Ia pun dapat memastikan diri sebagai juara dunia dengan syarat minimal finis ke-11 di Valencia. 

Tambahan lima angka (total 287 poin) sudah cukup untuk memantapkan posisi Marquez sebagai pemuncak klasemen akhir, terlepas dari kemenangan Dovizioso di seri ke-18 tersebut.

Sedangkan Dovi saat ini masih berada di peringkat dua klasemen sementara dengan raihan 261 poin. 

Jika pembalap berjuluk The Little Dragon itu tampil di podium tertinggi GP Valencia (total 286 poin), maka ia bisa menjadi juara dunia dengan catatan Marquez gagal finish.