Jokowi Optimis Indonesia Lampaui Target Perolehan Medali Asian Para Games

1001
Presiden Jokowi bersama Menpora Imam Nahrawi saat menyaksikan pertandingan Asian Para Games

MONITOR, Jakarta – Menpora Imam Nahrawi bersama Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari mendampingi Presiden Joko Widodo menyaksikan perjuangan atlet Angkat Berat Kursi Roda Asian Para Games 2018 di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu 10 Oktober 2018. Presiden yakin target medali Indonesia di Asian Para Games 2018 dengan 16 emas akan terlampaui.

Usai menyaksikan pertandingan, Presiden menyampaikan bahwa dirinya yakin Indonesia akan mendapatkan medali emas melebihi target. “Ya yang jelas sudah saya berikan target 16 emas dan masuk peringkat 8 besar. Menurut saya emasnya lebih dari 16, yakin saya. Mungkin lebih dari 20 emas. Tapi yang jelas lebih 16 emas,” kata Jokowi.

Pada pertandingan angkat berat kursi roda, atlet angkat berat China, Lili Xu mendapatkan medali emas dan memecahkan rekor dunia angkat berat kelas 79 kg di Asian Para Games 2018. Xu tampil meyakinkan sejak angkatan pertama. Dia membuat percobaan 132 kg, 137 kg, dan angkatan ketiga 140 kg.

Keberhasilan Xu membuat angkatan 140 kg mengantarkan dia menjadi lifter pemecah rekor dunia. Angkatan rekor dunia sebelumnya 139 kg. Atas prestasinya, Xu mendapatkan medali emas Asian Para Games 2018.

Sementara itu, atlet angkat berat Indonesia, Siti Mahmudah, menempati peringkat kedua dengan angkatan terbaik 120 kg dan diganjar medali perak. Adapun medali perunggu diraih Lin Tzu-Hui dengan angkatan 120 kg. Lin menempati peringkat tiga karena dari tiga percobaan hanya satu angkatan hanya satu angkatan yang berhasil dilakukannya.

Di kelas lain, 73 kg, atlet angkat berat China, Miaoyu Han, meraih medali emas dengan angkatan terbaiknya 127 kg. Medali perak diraih atlet dari Indonesia, Nurtani Purba, dengan angkatan terbaiknya 115 kg dan perunggu Haifa Naqbi dengan angkatan terbaik 94 kg.