Ini Cara Persib jaga Kekompakan dan Disiplin Pemain

MONITOR, Bandung – Persib Bandung merupakan salah satu klub besar di Indonesia dengan penggemar yang banyak. Untuk menjaga semangat juang para pemain dan nama besar klub, para pemain maung bandung dituntut untuk selalu menjaga kekompakan dan kedisiplinan. Pihak manajemen Persib sendiri memiliki aturan khusus agar para pemainnya kompak serta menfaati aturan . Apa saja itu?

Dikutip dari laman liga-indonesia.id, salah satu langkah yang diterapkan manajemen Persib dan dipertegas tim pelatih Persib di bawah arahan pelatih Mario Gomez, adalah penekanan terhadap beberapa aturan antara lain kewajiban memakai seragam saat bepergian, terutama dalam agenda yang berkaitan dengan Persib serta berangkat dan pulang latihan. Kemudian jangan sampai ada pemain yang terlambat makan siang dan makan malam.

Ada pula penekanan aturan berbicara kepada media. Setiap pemain harus berbicara kepada media dalam kesempatan yang resmi. Itu juga harus mendapatkan izin dari pelatih. Ada aturan, ada pula denda yang dicantumkan. Di sana terdapat aturan denda antara Rp 250-500 ribu buat yang melanggar aturan. 

"Aturan ini diterapkan sebagai cara menjaga kekompakan antarpemain dan pola hidup yang disiplin," kata Herrie Setyawan, asisten pelatih Persib.

Nantinya uang denda ini, menurut Herrie Setyawan, akan kembali ke pemain. Tapi tentu saja bukan kembali dalam bentuk uang tunai. Pasti dalam bentuk yang lain, nanti akan ditentukan lagi," kata Herrie Setyawan.

Para pemain Persib tampaknya juga sudah terbiasa dengan berbagai aturan di luar lapangan ini. Para pemain saat menjalani pemusatan latihan di Sleman, juga sudah memakai seragam saat berangkat dan pulang latihan. Mereka juga tidak sembarangan berbicara dengan media.